Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:56 WIB | Minggu, 08 Januari 2023

Tidak Ada Kepastian Gencatan Senjata Rusia di Tengah Saling Tidak Percaya

Seorang penduduk setempat berlari melewati rumah yang terbakar yang terkena tembakan Rusia di Kherson, Ukraina, pada Malam Natal Ortodoks hari Jumat, 6 Januari 2023. (Foto: AP/LIBKOS)

KIEV, SATUHARAPAN.COM - Keheningan mereda di kota Kiev, Ukraina, pada hari Jumat (6/1) meskipun sirene serangan udara meraung di sana dan di seluruh Ukraina tak lama setelah deklarasi gencatan senjata Rusia untuk Natal Ortodoks mulai berlaku. Pejabat Ukraina dan Barat mencemooh gencatan senjata itu sebagai taktik.

Tidak ada ledakan yang terdengar di ibu kota. Dan laporan pertempuran sporadis di tempat lain di Ukraina tidak dapat segera dikonfirmasi. Bentrokan di sana bisa memakan waktu berjam-jam untuk dipublikasikan.

Penduduk Kiev harus berjuang di tengah debu salju tipis untuk membeli hadiah, kue, dan bahan makanan untuk perayaan keluarga Malam Natal, beberapa jam setelah gencatan senjata dimulai.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, pada hari Kamis (5/1) memerintahkan pasukannya di Ukraina untuk mematuhi gencatan senjata 36 jam sepihak. Pejabat Kiev menolak langkah tersebut tetapi tidak mengklarifikasi apakah pasukan Ukraina akan mengikutinya.

Gencatan senjata yang diumumkan Rusia dalam perang hampir 11 bulan dimulai pada hari Jumat (6/1) siang dan berlanjut hingga Sabtu (7/1) tengah malam waktu Moskow (09: 00 GMT Jumat hingga 21:00 GMT Sabtu).

Sirene serangan udara terdengar di Kiev sekitar 40 menit setelah gencatan senjata Rusia mulai berlaku. Aplikasi "Peringatan di Ukraina" yang banyak digunakan, yang mencakup informasi dari layanan darurat, menunjukkan sirene meraung di seluruh negeri.

Kementerian Pertahanan Rusia menuduh bahwa pasukan Ukraina terus menyerang posisinya, dan mengatakan pasukannya membalas tembakan untuk menekan serangan tersebut. Namun tidak jelas dari pernyataan tersebut apakah serangan dan tembakan balasan terjadi sebelum atau setelah gencatan senjata diberlakukan.

Juru bicara kementerian Rusia, Igor Konashenkov, melaporkan beberapa serangan Ukraina di wilayah timur Donetsk, Luhansk dan Zaporizhzhia. Itu tidak mungkin untuk memverifikasi klaim.

Staf PBB di Ukraina "belum melihat laporan tentang pertempuran besar yang intens," kata juru bicara PBB, Stephane Dujarric. Tetapi dia memperingatkan bahwa "mereka tidak ada di mana-mana."

Pengumuman Putin hari Kamis bahwa pasukan Kremlin akan menghentikan pertempuran di sepanjang garis depan lebih dari 1.000 kilometer (680 mil) dan di tempat lain tidak terduga. Itu terjadi setelah kepala Gereja Ortodoks Rusia, Patriark Kirill, mengusulkan gencatan senjata untuk liburan Natal. Gereja Ortodoks, yang menggunakan kalender Julian, merayakan Natal pada 7 Januari.

Tetapi para pejabat Ukraina dan Barat menggambarkan pengumuman itu sebagai upaya Putin untuk mengambil landasan moral yang tinggi, sementara mungkin berusaha merebut inisiatif medan perang dan merampok momentum Ukraina di tengah serangan balasan mereka beberapa bulan terakhir.

"Sekarang mereka ingin menggunakan Natal sebagai kedok untuk menghentikan kemajuan orang-orang kita di (wilayah) Donbas (timur) untuk sementara dan membawa peralatan, amunisi, dan memobilisasi orang lebih dekat ke posisi kita," kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, Kamis malam.

Namun, dia tidak langsung menyatakan bahwa Kiev akan mengabaikan permintaan Putin. Dalam pesan Malam Natal kepada bangsa, Zelenskyy menyebutnya sebagai “hari raya keharmonisan dan persatuan keluarga. Dan bersama-sama kita semua adalah keluarga besar Ukraina.

“Di mana pun kita berada sekarang: di rumah, di tempat kerja, di parit, di jalan, di Ukraina atau di luar negeri, keluarga kita bersatu lebih dari sebelumnya. ... Bersatu dalam keyakinannya pada satu kemenangan.”

Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, juga menyatakan kewaspadaan tentang gencatan senjata Rusia, mengatakan "menarik" bahwa Putin siap mengebom rumah sakit, pertanian, dan gereja dalam beberapa pekan terakhir pada Natal dan Tahun Baru. “Saya pikir (Putin) sedang mencoba mencari oksigen,” kata Biden.

Dan Anna Borshchevskaya, seorang rekan senior di Institut Washington, mengatakan bahwa apakah gencatan senjata berlaku atau tidak, "Saya tidak menganggapnya begitu saja."

“Ketika Rusia mengumumkan gencatan senjata, dalam cara Rusia melakukan perang, biasanya ada motif tersembunyi,” katanya. “Secara historis, apa yang biasanya dilakukan oleh pemerintah Rusia dan militer Rusia ketika mereka mengumumkan gencatan senjata adalah menggunakannya sebagai kesempatan taktis, untuk beristirahat sejenak atau mendapatkan sedikit ruang.”

Di Vatikan, Paus Fransiskus mengatakan dia mengirimkan harapan dari hatinya “kepada gereja-gereja Timur, baik Katolik maupun Ortodoks, bahwa besok akan merayakan kelahiran Tuhan.” Berbicara kepada ribuan umat yang berkumpul di Lapangan Santo Petrus untuk perayaan Epifani, Fransiskus berkata, “Dengan cara khusus, saya ingin keinginan saya untuk mencapai saudara dan saudari dari martir Ukraina,” dan berdoa untuk perdamaian di sana. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home