Loading...
INDONESIA
Penulis: Francisca Christy Rosana 13:15 WIB | Selasa, 13 Januari 2015

Tim Penyelam Angkat Cockpit Voice Recorder AirAsia

Kotak hitam berisi dua bagian, yaitu Rekaman Data Penerbangan FDR dan Rekaman Percakapan di Kokpit CVR. (Foto: bbc.com)

PANGKALAN BUN, SATUHARAPAN.Com – Tim penyelam telah berhasil mengangkat Rekaman percakapan di Kokpit atau Cockpit Voice Recorder CVR pesawat AirAsia QZ8501.

Rekaman ini kini telah berada di KRI Banda Aceh, di perairan Selat Karimata, seperti disampaikan oleh pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pengangkatan Cockpit Voice Recorder CVR telah melengkapi penemuan bagian kotak hitam sebelumnya yang berisi Rekaman Data Penerbangan atau Flight Data Recorder pada Senin (12/01), sebagai upaya untuk mencari penyebab kecelakaan pesawat yang mengangkut 162 orang ini.

Sementara itu, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi KNKT Tatang Kurniadi mengatakan Indonesia akan memimpin proses penyelidikan dan akan menganalisis seluruh data yang berada di FDR.

Namun,tim juga tetap melibatkan sejumlah negara untuk memberikan masukan yang dibutuhkan, seperti Singapura, Korea Selatan, Inggris, Amerika Serikat, dan Prancis.

Sebelumnya, tim penyelam telah mengangkat Rekaman Data penerbangan FDR.

Basarnas mengatakan FDR ditemukan di bawah puing-puing sayap dan dievakuasi pada Senin (12/01) pagi oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut yang terdiri dari Kapten Saiful, Pelda Bambang, Serda Rajap, Kopda Edi Susanto. (bbc.co.uk)

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home