Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 20:11 WIB | Minggu, 24 April 2022

Tim Sepak Bola Putri Afghanistan Mulai Bertanding di Australia

Tim sepak bola putri Afghanistan di Melbourne, Australia. (Foto: dok Ist)

MELBOURNE, SATUHARAPAN.COM-Tim sepak bola putri Afghanistan telah memainkan pertandingan pertamanya sejak dievakuasi dari negara mereka yang dipimpin Taliban tahun lalu, dibantu oleh tim Liga A Melbourne Victory.

Melbourne Victory Afghan Women's Team bermain imbang 0-0 dalam pertandingan pembukaannya hari Minggu (24/4) di kompetisi senior putri Victoria. Sebanyak 30 pemain dan pelatih diselamatkan sebagai bagian dari operasi evakuasi oleh pemerintah Australia ketika Taliban mengambil kembali kendali atas negara setelah 20 tahun dan sekali lagi menempatkan olah raga  perempuan dalam bahaya.

Victory memberikan dukungan mereka kepada anggota tim yang pindah ke Melbourne. Tim mengadakan sesi latihan pertamanya pada bulan Februari dan akan bermain di bawah bendera Victory tahun ini.

Tapi alih-alih memakai seragam biru navy tradisional Victory dengan 'V' putih, tim akan mengenakan kit yang memberi penghormatan kepada tanah air mereka, kaos putih dengan bendera Afghanistan di bagian belakang.

Kaos tersebut tidak memiliki nama keluarga pemain di bagian belakang yang menurut para pemain untuk melindungi anggota keluarga yang masih berada di Afghanistan dan berpotensi di bawah ancaman Taliban. Sebaliknya para pemain memiliki nama depan atau nama panggilan mereka di baju mereka.

Tim Afghanistan dibentuk pada tahun 2007, memainkan pertandingan internasional resmi pertamanya pada tahun 2010 melawan Nepal dan memenangkan pertandingan pertamanya 2-0 atas Qatar pada tahun 2012.

Kebangkitan Taliban dan pelarian berikutnya dari para pemain juga menyebabkan tim menarik diri dari pertandingan kualifikasi untuk Piala Asia sepak bola putri di India pada bulan Februari, dan kualifikasi untuk Piala Dunia Putri tahun depan di Australia dan Selandia Baru. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home