Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:50 WIB | Rabu, 20 Juli 2022

Timor Leste Berharap Gabung dengan ASEAN Ketika Indonesia Menjadi Ketua

Presiden Timor Leste, Jose Ramos Horta. (Foto: dok. Ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Timor Leste, Jose Ramos-Horta, berharap bisa bergabung dengan Perserikatan Bangsa-bangsa Asia Tenggara (ASEAN) saat Indonesia menjadi ketua pada tahun 2023 mendatang.

Harapan itu disampaikan langsung oleh Ramos-Horta saat bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor, hari Selasa (19/7). “Kami berharap (Timor Leste) bisa bergabung dengan ASEAN selama kepemimpinan Indonesia," kata Ramos-Horta saat konferensi pers bersama secara virtual via YouTube Sekretariat Presiden.

Indonesia akan menjadi ketua ASEAN pada tahun 2023. Ramos-Horta menyampaikan kebahagiaan karena RI tetap berkomitmen mendukung Timor Leste untuk menjadi anggota blok itu. "Saya sangat senang Indonesia tetap berkomitmen terhadap keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Sangat normal (Timor Leste) menjadi bagian ASEAN," katanya.

Dia mengaku masih banyak persyaratan yang harus dipenuhi Timor Leste untuk menjadi anggota, termasuk memfungsingkan kembali ekonomi dan demokrasi.

Timor Leste mengajukan diri menjadi anggota ASEAN pada tahun 2011, dan Indonesia mendukungnya. Pada 2020 lalu, Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, mengatakan bahwa tiga tim pencari fakta akan mengunjungi dan menilai Timor Leste untuk menjadi anggota ASEAN. Ketiga tim tersebut menilai bidang politik-keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home