Loading...
EKONOMI
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 20:03 WIB | Selasa, 08 September 2015

Tiongkok Stop Semua Perdagangan Saham Ketika Pasar Bergejolak

Ilustrasi. Seorang investor tengah mengamati papan penunjuk harga saham di bursa saham Beijing. Harga saham-saham perusahaan Tiongkok turut jatuh seiring dengan devaluasi yuan dan proyeksi melambatnya pertumbuhan ekonomi negara itu. (Foto: AFP)

SHANGHAI, SATUHARAPAN.COM – Tiongkok berencana menghentikan semua perdagangan pada pasar-pasar sahamnya jika mereka bergerak lima persen atau lebih, menurut pernyataan dari dua bursa negara itu, karena otoritas berusaha untuk mengendalikan penurunan.

Jika indeks CSI 300 dari 300 emiten besar naik atau turun lima persen, otoritas pasar modal akan menangguhkan perdagangan pada kedua bursa Shanghai dan Shenzhen selama 30 menit, kata pernyataan itu.

Tetapi jika indeks -- yang mencakup perusahaan-perusahaan seperti raksasa perbankan ICBC dan energi utama PetroChina dan Sinopec -- keuntungan atau naik tujuh persen, perdagangan akan dihentikan untuk sisa hari, kata dia.

Mekanisme -- dijuluki "pemutus sirkuit" -- akan "mencegah risiko-risiko pasar" dan menumbuhkan "stabilitas jangka panjang serta perkembangan pasar sekuritas yang sehat", pernyataan Senin (7/9) malam mengatakan.

Langkah ini adalah langkah terakhir yang diambil oleh para pejabat ketika mereka mencoba untuk mengontrol meledaknya gelembung yang telah melihat indeks komposit Shanghai merosot sekitar 40 persen sejak pertengahan Juni, setelah naik lebih dari 150 persen dalam 12 bulan sebelumnya.

Setelah penurunan itu, Tiongkok meluncurkan langkah-langkah paket luar biasa untuk menopang kenaikan harga saham, termasuk pendanaan perusahaan yang didukung negara untuk membeli saham, dalam kebijakan yang secara luas dikritik sebagai bertentangan dengan reformasi pasar yang dijanjikan.

Bank investasi Goldman Sachs memperkirakan pemerintah Tiongkok telah menghabiskan 1,5 triliun yuan (234 miliar dolar AS) untuk mendukung pasar sahamnya selama tiga bulan terakhir, Bloomberg News melaporkan.

Pengenalan pemutus sirkuit telah disetujui oleh pengawas pasar, Komisi Regulator Sekuritas Tiongkok, meskipun bursa mengatakan mereka masih mencari opini publik tentang langkah itu sampai 21 September. Mereka tidak memberikan tanggal dimulainya untuk kebijakan tersebut.

Berdasarkan aturan saat ini, saham individu sudah bisa bergerak tidak lebih dari 10 persen naik atau turun.

Dalam sebuah langkah yang terpisah, kementerian keuangan mengatakan pada Senin bahwa Tiongkok akan menawarkan kepada para investor yang memegang saham lebih dari satu tahun pengurangan 20 persen pajak dividen, dengan mereka yang memegang lebih dari sebulan hanya harus membayar setengah pajak.(AFP)

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home