Loading...
SAINS
Penulis: Melki Pangaribuan 17:57 WIB | Jumat, 29 Januari 2021

Tips Memotret Pakai Kamera Ponsel Pintar

Ilustrasi. (Foto: c.mi.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Sudah menjadi kebutuhan memotret dengan kamera handphone ketimbang harus memiliki kamera DSLR atau action camera.

Bagi Anda yang ingin mendapatkan hasil foto yang bagus sudah banyak smartphone yang dilengkapi dengan kamera yang berkualitas.

Ada sejumlah tips penting agar hasil foto dari kamera ponsel pintar anda tampak semakin kece badai seperti dilansir satuharapan.com hari Jumat (29/1) dari berbagai sumber.

Bersihkan Lensa Kamera Ponsel

Kadang minyak atau keringat di tangan dapat meninggalkan noda tipis di lensa ponsel. Untuk itu sebaiknya membersihkan lensa kamera ponsel Anda terlebih dahulu sebelum digunakan.

Bidik Melalui Lanskap

Beberapa objek mungkin tampak menarik dalam bidikan potret. Akan tetapi, sesekali Anda bisa membidik foto objek tersebut dalam lanskap, jarak jauh.

Hindari Penggunaan Lampu Kilat

Sebagian besar ponsel pintar memang terdapat lampu kilat (flash). Namun, cobalah untuk tidak terlalu sering memanfaatkan flash. Bahkan, di kamera sekaliber DSLR saja lampu kilat hanya digunakan dalam keadaan terdesak saja.

Setiap foto pasti akan nampak lebih baik dengan cahaya yang lebih alami. Mungkin keberadaan flash bisa menjadi penolong ketika kita hendak memotret objek dalam kondisi gelap.

Tidak Gunakan Digital Zoom

Sudah menjadi rahasia umum jika fitur digital zoom di kamera ponsel sebenarnya justru memperburuk hasil foto. Kecuali kamera ponsel Anda memiliki optical zoom, di mana lensa kamera akan nampak menjorok keluar dari perangkat Anda.

Maksimalkan Kamera Belakang

Untuk lebih meningkatkan kreativitas Anda dalam hasilkan foto atau video yang unik pergunakan fitur unggulan pada ponsel pintar Anda seperti fitur Timer Birst yang bisa dimanfaatkan saat membuat video stop motion.

Sebuah fitur canggih memungkinkan Anda untuk merubah background menjadi hitam putih saat objek masih tetap dengan warnanya yang cerah seperti tersedia dalam Xiaomi Mi 10T Pro. Ada juga opsi filter keren lainnya yang bisa dipilih, seperti Gold Vibes, Cyberpunk. Sedangkan untuk fitur lainnya seperti LED Flash, HDR, dan Panorama sudah bisa dipastikan tersedia pada ponsel pintar Anda.

Pakai Mode HDR

HDR merupakan mode yang terdapat di sebagian besar kamera ponsel Android dan fungsinya adalah untuk mengambil foto objek stasioner. Mode High Dynamic Range (HDR) memastikan bahwa pencahayaan dan bayangan dalam foto diekspos secara merata.

Mode HDR ini sangat bermanfaat untuk foto dengan kontras tinggi. Mode HDR membutuhkan dua atau lebih gambar dari berbagai eksposur secara bersamaan. Anda bisa menggabungkan dua foto terbaik dalam satu foto.

Manfaatkan kamera ponsel Anda untuk menghasilkan foto yang lebih baik. Ingat, tidak punya kamera digital, DSLR, atau action camera tidak lantas membuat Anda tidak dapat menghasilkan foto yang bagus.

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home