Loading...
INDONESIA
Penulis: Sabar Subekti 14:22 WIB | Senin, 12 Desember 2022

TNI dan Polri Gelar Pendidikan dan Pelatihan Integrasi 2022

Irjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi, tengah, ketika membuka Diklat Integrasi 2022 TNI-Polri, Senin (12/12/2022). (Foto: Humas Polri)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM-TNI dan Polri menggelar pendidikan dan pelatihan (Diklat) integrasi TNI-POLRI Tahun 2022. Pendidikan yang diikuti sebanyak 7.306 personel dari TNI dan Polri ini, dilaksanakan di 13 satuan pendidikan (Satdik) Polri, 11 satdik TNI AD dan 1 satdik TNI AL, Senin sampai Jumat, (12-16/12/2022).

Diklat integrasi ini dibuka oleh Irjen Pol. Ida Oetari Poernamasasi mewakili Kalemdiklat Polri Komjen Pol. Prof Rycho Amelza Dahniel di Jakarta.

“Tujuan utama pendidikan ini adalah untuk mempererat soliditas dan sinergitas seluruh prajurit TNI dan Bhayangkara sejak di masa pendidikan sehingga terbentuk kebersamaan, kekompakan dan ikatan moral dalam menjangkau dan menjamin proses pembangunan nasional, keamanan dan keutuhan NKRI,” kata Ida saat membacakan sambutan Rycho, Senin (12/12/2022).

Peserta yang berjumlah 7.306 itu terdiri dari 4,346 personel Polri Laki-laki dan 503 orang perempuan. Lalu, TNI AD sebanyak 1.452 Laki-laki dan 170 perempuan, TNI AL sebanyak 765 Laki-laki dan 50 perempuan, serta TNI AU sebanyak 20 perempuan.

Dijelaskan, diklat integrasi TNI-Polri ini merupakan tindak lanjut kebijakan Panglima TNI dan Kapolri yang dituangkan dalam naskah kerja sama pendidikan dan pelatihan integrasi di semua jenis dan jenjang pendidikan TNI dan Polri.

“Saya ingin sampaikan bahwa pendidikan dan pelatihan sebelumnya hanya dilaksanakan pada tingkat perwira saja, dengan kebijakan Panglima TNI dan Kapolri, maka Diklat integrasi diperluas sampai tingkat Tamtama dan Bintara di semua jenis dan jenjang pendidikan,” kata Ida.

Ida berharap, Diklat integrasi ini membuat TNI dan Polri semakin bersinergi, bekerja secara fungsional dalam satu sistem NKRI, saling mendukung, saling memperkuat, bahu-membahu dalam mewujudkan cita-cita nasional dan cita-cita NKRI.

“Diklat integrasi ini diharapkan dapat dilaksanakn setiap tahun dengan penambahan waktu, serta peserta dan peningkatan kualitas materi yang diberikan,” kata Ida.

Materi diklat yang diiberikan yaitu pengenalan doktrin matra, pengelanan fungsi matra, perbantuan TNI kepada Polri dan perbantuan Polri kepada TNI, operasi bersama TNI dan Polri dan kegiatan yang mendorong terwujudnya sinergitas dan soliditas melalui integrasi TNI dan Polri.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home