Loading...
RELIGI
Penulis: Bayu Probo 15:20 WIB | Minggu, 15 Maret 2015

Tom Hanks dan Iman Kristen Ortodoks Yunaninya

Tom Hanks mengikuti prosesi perayaan Paskah Gereja Ortodoks Yunani di Los Angeles pada 2011. (Foto: hollywood.greekreporter.com)

SATUHARAPAN.COM – Kehidupan spiritual aktor Tom Hanks menarik. Dibesarkan dengan ajaran Katolik, Mormon, Nazarene, dan Injili di kemudian hari, ia memilih menjadi seorang Kristen Ortodoks Yunani setelah ia menikahi Rita Wilson—penganut Ortodoks sejak kecil.

Pemenang dua piala Oscar dan empat Golden Globe ini anak seorang koki keliling Amos Mefford Hanks dan pekerja rumah sakit Janet Marylyn (Frager) yang adalah keturunan Portugis. Ia menikmati hidup sebagai keluarga dengan ajaran Katolik. Namun sayang, pada saat Tom kecil umur 4 tahun, orangtuanya bercerai. Ia ikut ayahnya.

Pada tahun 1965, saat Tom berumur 9 tahun sang ayah menikah lagi, dengan Frances Wong, dari San Francisco yang keturunan Tionghoa. Frances adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir atau dikenal dengan nama Gereja Mormon.

Tom Hanks di kemudian hari mengomentari imannya, “Agama utama saya dalam 10 tahun pertama hidup saya adalah Katolik. Ibu tiri saya Mormon. Bibi saya, di rumahnya saya tinggal untuk waktu yang lama, itu Nazarene, cabang dari Methodist, dan di SMA, semua teman-teman saya adalah orang Yahudi. Selama bertahun-tahun saya mengikuti Pemahaman Alkitab pada Rabu malam dengan kelompok gereja. Jadi saya punya gambaran tentang berbagai agama. Dan, satu hal yang saya dapatkan dari itu adalah pengejaran intelektual perlu dilibatkan. Ada banyak hal besar untuk dipikirkan.”

Pemeran pemuda dengan keterbelakangan mental dalam film Forest Gump ini menikahi Susan Jane Dillingham pada 1978, namun sembilan tahun kemudian mereka bercerai setelah mempunyai dua anak, Colin Hanks dan Elizabeth Hanks. Setahun kemudian ia menikahi Rita Wilson, seorang penganut Kristen Ortodoks Yunani. Setelah menikah ia memilih menganut Kristen Ortodoks. Ia dikenal sebagai orang yang tidak pernah lalai beribadah. Bahkan pada Minggu Suci---Minggu sebelum Paskah dari Perayaan Minggu Palem hingga Paskah—ia tiap hari beribadah ke gereja.

Komentarnya tentang iman barunya, “Saya menganggap Ortodoks Yunani sebagai warisan spiritual saya sendiri. Saya menikah di gereja yang sama di mana istri saya telah dibaptis. Anak-anak saya dibaptis dalam pembaptisan yang sama seperti istri saya,” kata Tom Hanks.

Pengisi suara Andy dalam Toy Story seorang yang murah hati. Ia punya yayasan Tom Hanks & Rita Wilson Foundation yang menjadi penyumbang dana untuk American Foundation for AIDS Research, Children's Health Fund, Healthy Child Healthy World, Muhammad Ali Parkinson Center, ONE Campaign, Palang Merah, UNICEF, dan berbagai organisasi lainnya.

Jualan Kue untuk Pramuka

Namun, bukan hanya dana saja yang menandakan ia pribadi yang murah hati. Jumat lalu, (13/3) pemeran Robert Langdon dalam film The Da Vinci Code ini dan putranya, Truman, bertemu sekelompok anak pramuka yang sedang menjajakan kue di kawasan San Francisco Bay Area. Tom membeli empat kotak kue dari anak-anak itu.

Namun, tidaknya itu. Bahkan, ia juga ikut membantu anak-anak pramuka tersebut menjual kue mereka. Ia menawari setiap pejalan kaki untuk berfoto bersama dirinya dengan syarat terlebih dahulu membeli dagangan anak pramuka.

“Saya merasa seperti berada di langit tingkat sembilan. Kami tidak tahu siapa dia pada awalnya karena ia menutupi wajahnya dengan topi bisbol dan kacamata,” ujar Archana Appanna, ibu salah satu anak pramuka tersebut seperti dilansir dari Aceshowbiz.

Awalnya Tom beserta putranya akan mengunjungi sebuah toko mesin tik. Tom Hanks memang dikenal sebagai kolektor mesin tik manual. Sebelum ke toko yang dimaksud, Tom malah bertemu dengan kawanan anak pramuka tadi. (christiantimes.com/ hollowverse.com/ beliefnet.com/cnn.com)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home