Loading...
DUNIA
Penulis: Eben Ezer Siadari 10:39 WIB | Selasa, 09 Desember 2014

Topan Hagupit Alasan Presiden Filipina Batal ke KTT ASEAN

Presiden Filipina Benigno Aquino .(Foto: rappler.com)

MANILA, SATUHARAPAN.COM – Presiden Filipina Benigno Aquino membatalkan perjalanannya ke Korea Selatan untuk menghadiri KTT ASEAN pekan ini karena harus mengatasi kerusakan yang diakibatkan Topan Hagupit, ujar juru bicaranya pada Senin.

Aquino yang dijadwalkan akan menghadiri pertemuan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) pada 11-12 Desember, mengirim Sekretaris Kabinet, Rene Almendras dan Menteri Keuangan Cesar Purisima untuk menggantikan dirinya, ujar Jurubicara Kepresidenan  Abigail Valte.

Keputusan tersebut dibuat “agar memungkinkan presiden fokus pada tindakan yang harus diambil setelah Topan Ruby,” ujar Valte kepada para wartawan, mengacu pada badai tersebut.

Hagupit, badai terkuat yang menghantam negara rawan bencana tersebut tahun ini telah menelan korban sedikitnya 23 orang sejak menerjang kepulauan tersebut pada Sabtu, yang membawa angin dengan kecepatan 210 kilometer per jam.

Topan tersebut kemudian melemah menjadi badai tropis pada Senin dan diperkirakan akan meninggalkan kepulauan tersebut pada Selasa. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home