Loading...
EKONOMI
Penulis: Martha Lusiana 11:29 WIB | Senin, 17 Agustus 2015

Total Aset BUMN 4.600 Triliun Rupiah

Ilustrasi: Gedung Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Jakarta. (Foto: Ist)

MANADO, SATUHARAPAN.COM – Total aset seluruh Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mencapai 4.600 triliun rupiah, kata Deputi Bidang Usaha Konstruksi, Sarana dan Prasarana Perhubungan Kementerian BUMN, Pontas Tambunan.

"Dengan aset sebesar ini kontribusi terhadap perekonomian nasional akan semakin besar," kata Pontas Tambunan saat membawakan sambutan Menteri BUMN Rini Soemarno pada peringatan 70 tahun kemerdekaan RI di Manado, Senin (17/8).

Deputi mengatakan, sejalan dengan tuntutan memberikan kinerja dan pelayanan publik yang lebih baik, BUMN juga harus berperan sebagai agent of development, yakni perpanjangan tangan pemerintah meningkatkan dan memeratakan pembangunan Tanah Air.

Ia menjelaskan, hal itu dimanifestasikan dengan peran mewujudkan kedaulatan maritim dan mengembangkan industri pertahanan nasional serta pembangunan infrastruktur dasar dan konektivitas.

Selain itu, agen pembangunan juga mewujudkan kedaulatan pangan dan energi serta mendukung pembangunan sektor keuangan berbasis nasional.

"Peran BUMN diwujudkan dalam pembangunan proyek-proyek strategis yang nilainya cukup besar," kata Pontas.

Pada 2015 ini, ia memaparkan, terdapat sekitar 86 proyek yang dikerjakan 25 BUMN dengan total nilai proyek mencapai 318,5 triliun rupiah dan 5,1 miliar dolar Amerika Serikat.

Proyek-proyek tersebut merupakan proyek pembangunan jalan tol, pembangkit listrik tenaga uap, kepelabuhanan dan kebandaraan, serta eksplorasi dan produksi minyak dan gas.

"Menghadapi era persaingan global, BUMN tidak lagi bergerak sendiri-sendiri dan sporadis," ujar dia. (Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home