Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Sabar Subekti 07:09 WIB | Minggu, 30 Agustus 2020

Tour de France: Tim Dikeluarkan Jika Dua Orang Positif COVID-19

Tony Martin (tengah) pembalap asal Jerman itu dalam balapan Tour de France 2020. (Foto: telegraph.co.uk)

NICE, SATUHARAPAN.COM-Tim akan dikeluarkan dari balap sepeda Tour de France jika setidaknya ditemukan dua anggota, termasuk staf, dinyatakan positif virus corona, kata Direktur Tour de France, Christian Prudhomme, hari Sabtu (29/8).

Uni Sepeda Internasional (UCI) pada hari Jumat (28/8) telah mengusulkan bahwa pengecualian seperti itu dari balapan hanya akan berlaku untuk pembalap.

"Kami akan menangani dua kasus dari 30 orang dari tim yang sama selama tujuh hari," kata Prudhomme, seraya menambahkan bahwa keputusan itu diambil oleh unit pemerintah Prancis yang mengawasi krisis virus corona, menurut laporan AFP.

Ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia, Tour de France, mulai berlangsung dari Nice, Prancis, hari Sabtu dan balapan ini dibayangi ancaman Covid-19.

UCI menyatakan bahwa peserta bisa dilarang tampil jika dua pembalapnya yang kedapatan positif COVID-19 dalam periode tujuh hari selama ajang balap sepeda itu. Akan tetapi, mereka tidak otomatis keluar dari Tour karena UCI hanya memberikan otoritas yang diambil oleh pihak penyelenggara.

"Jika dua atau lebih pebalap dari tim yang sama dites positif Covid-19 dalam periode tujuh hari di Grand Tour, UCI akan memberikan penyelenggara otorisasi untuk mengumumkan penarikan tim tersebut, karena alasan kesehatan, akan tetapi dengan kondisi, bahwa assesment medis global yang dijalankan mengonfirmasi kasus positif tersebut, "demikian pernyataan UCI, dikutip Reuters, hari Jumat.

Aturan Dilonggarkan

Organisasi Olahraga Amaury (ASO) yang menjadi penyelenggara Tur, sebelumnya menyatakan tim akan dikeluarkan jika dua pebalap atau anggota staf mereka positif Covid-19 dalam periode tujuh hari.

Namun demikian, pertemuan antara ASO dan perwakilan tim pada hari Selasa menyepakati aturan itu dilonggarkan yang berarti tim Lotto Soudal yang dua stafnya positif pada hari Kamis tetap bisa ikut balapan.

Tour de France 2020 dimulai di Nice, Prancis, Sabtu ini. Balap sepeda ini awalnya diluncurkan pada 14 April, tapi ditunda karena COVID-19. Ada 22 tim yang akan mengikuti balapan kali ini, yang mencakup 21 etape dan akan berlangsung hingga 20 September.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home