Loading...
DUNIA
Penulis: Melki Pangaribuan 19:44 WIB | Selasa, 03 Januari 2017

Trump: Rudal Balistik Korut Tidak Mampu ke AS

Ilustrasi. Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un hari Minggu (1/1) mengumumkan bahwa negaranya sudah sampai "tahap akhir" pengembangan rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM). (Foto: en.wikipedia.org)

WASHINGTON, SATUHARAPAN.COM - Presiden terpilih Amerika Serikat (AS), Donald Trump, pada hari Senin (2/1) malam mengunggah cuitan di Twitter untuk menjanjikan bahwa Korea Utara (Korut) tidak akan mengembangkan rudal nuklir yang mampu mencapai teritorial AS.

Komentarnya disampaikan sehari setelah pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un tampak ingin mendesak Trump dengan mengumumkan bahwa negaranya sudah sampai "tahap akhir" pengembangan rudal balistik antarbenua (intercontinental ballistic missile/ICBM).

"Korea Utara baru saja menyatakan bahwa mereka sudah dalam tahap final pembuatan senjata nuklir yang mampu mencapai beberapa wilayah AS. Itu tidak akan terjadi!," tulis Trump di Twitter.

Walaupun Washington berulang kali berjanji bahwa mereka tidak akan menerima Korea Utara sebagai negara nuklir, Trump sebelumnya tidak pernah menyatakan dengan tegas mengenai kebijakannya terhadap negara terisolasi itu.

Trump membalik preseden dengan sering menggunakan Twitter sejak pemilihannya bulan lalu untuk mencela kritik dan mengeluarkan pernyataan - terkadang mengenai isu keamanan nasional paling serius. Hal tersebut membuat para analis bergegas menebak apa artinya bagi kebijakan AS setelah dia dilantik pada 20 Januari. (AFP)

 

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home