Loading...
INSPIRASI
Penulis: Nugroho Edy Prasetyo 00:00 WIB | Rabu, 30 Oktober 2013

Tumbuh, Bukan Hanya Bertahan Hidup

Indahnya Pertumbuhan. (foto: ymindrasmoro)

SATUHARAPAN.COM – Saya  sempat memperhatikan sebatang bibit pohon kelengkeng kecil yang ditanam di pekarangan rumah. Bibit pohon itu sebenarnya sudah cukup lama ditanam; tidak mati tetapi juga tidak bertumbuh menjadi besar, hanya segitu-gitu saja. Tampaknya bibit itu hanya bisa sekadar bertahan, namun tidak terlihat pertumbuhannya. Saya tidak tahu kenapa, apakah lahannya yang tidak cocok, atau kurang perawatan, atau mungkin dari bibitnya sendiri, entahlah saya bukan ahli tanaman.

Dari hasil mengamati tanaman ini saya berpikir, jangan-jangan hidup ini juga begitu, hanya mampu bertahan, tetapi tidak bertumbuh. Kita sendiri mungkin tidak menyadari bahwa sebenarnya tidak ada pertumbuhan yang berarti dalam kehidupan kita karena asyik tenggelam dalam rutinitas keseharian yang menyita sebagian besar waktu, perhatian, dan energi kita.

Hidup memang harus bergerak, mesti beraktivitas, terus berbuat sesuatu, tetapi jangan sampai salah arah sehingga yang kita hasilkan hanya sekadar bertahan hidup, namun kurang bertumbuh.

Tentunya Sang Pencipta menghendaki manusia yang diciptakannya bisa hidup, mampu bertahan, dan terus berkembang. Dia tentu menginginkan kita semua menjadi manusia yang tegar dalam segala situasi kondisi, berguna bagi sesama dan alam semesta, sekaligus bermakna bagi Sang Pemberi Hidup.

Saya berharap pohon kelengkeng tadi suatu saat bisa bertumbuh besar dan menghasilkan buah, demikian juga hidup saya.

Editor: ymindrasmoro

Email: inspirasi@satuharapan.com


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home