Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 17:09 WIB | Sabtu, 15 Oktober 2022

Turki dan Rusia Segera Bekerja untuk Membangun Pusat Gas untuk Eropa

Presiden Turki, Rcep Tayyip Erdogan, dan Presiden Rusia, Vladimir Putin. (Foto: dok. Ist)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM-Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, mengatakan pada hari Jumat (14/10) bahwa Turki dan Rusia telah menginstruksikan otoritas energi masing-masing untuk segera memulai pekerjaan teknis pada proposal Rusia yang akan mengubah Turki menjadi pusat gas untuk Eropa.

Presiden Rusia, Vladimir Putin, telah melontarkan gagasan untuk mengekspor lebih banyak gas melalui pipa gas TurkStream yang mengalir di bawah Laut Hitam ke Turki setelah pengiriman gas ke Jerman melalui pipa Nord Stream Laut Baltik dihentikan.

Erdogan mengatakan otoritas energi Rusia dan Turki akan bekerja sama untuk menentukan lokasi terbaik untuk pusat distribusi gas, menambahkan bahwa wilayah Thrace Turki, yang berbatasan dengan Yunani dan Bulgaria, tampaknya menjadi tempat terbaik.

“Bersama dengan Tuan Putin, kami telah menginstruksikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam kami dan lembaga terkait di pihak Rusia untuk bekerja sama,” kata Erdogan. “Mereka akan melakukan penelitian ini. Di mana pun tempat yang paling tepat, mudah-mudahan kami akan mendirikan pusat distribusi ini di sana.”

“Tidak akan ada penantian,” kata Erdogan dalam pernyataan pertamanya tentang proposal Rusia.

Pemimpin Turki membuat komentar pada hari Kamis sekembalinya dari pertemuan puncak regional di Kazakhstan di mana dia bertemu dengan Putin. Kata-katanya dilaporkan oleh surat kabar Hurriyet dan media lainnya.

Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu, mengatakan Putin mengusulkan pengiriman gas ke negara-negara Eropa yang menginginkannya melalui Turki karena dia tidak lagi menganggap Nord Stream 1 dan 2 sebagai saluran yang "dapat diandalkan".

Menteri mengatakan, bagaimanapun, bahwa proposal Rusia perlu "dipelajari dengan baik."

“Ada investasi yang perlu dilakukan, mereka perlu diperiksa,” katanya saat konferensi pers bersama dengan mitra Qatar-nya. “Ini masalah supply and demand. Berapa banyak Eropa ... siap untuk membeli gas dari proyek seperti itu? Ini perlu diselesaikan bersama.”

Cavusoglu menambahkan bahwa Turki ingin meringankan krisis energi Eropa. “Melemahnya Eropa dalam semua aspek bukanlah kepentingan Turki. Sebaliknya, itu bertentangan dengan (kepentingan Turki),” kata Cavusoglu.

Turki telah lama bercita-cita menjadi pusat energi. Analis energi, bagaimanapun, mempertanyakan kemungkinan proposal untuk mengirim gas ke Eropa melalui Turki mulai berjalan, dengan para pemimpin Eropa mengkritik keandalan Rusia sebagai pemasok energi dan menyebut pemotongan Rusia dalam gas alam sebagai upaya politik untuk memecah belah mereka atas dukungan mereka pada Ukraina.

Jerman pekan ini menolak proposal lain oleh Putin untuk meningkatkan aliran gas ke Eropa melalui jalur pipa Nord Stream 2 di bawah Laut Baltik, pipa yang tidak pernah beroperasi. Moskow memutuskan jalur pipa gas Nord Stream 1 paralel atas apa yang diklaimnya sebagai masalah teknis.

Diminta untuk mengomentari pernyataan Putin bahwa Rusia telah menggagalkan serangan terhadap pipa gas TurkStream, Erdogan mengatakan Turki mengambil setiap langkah yang diperlukan untuk mengamankan pipa tersebut.

Sebagai Anggota NATO, Turki, yang bergantung pada Rusia untuk kebutuhan energi dan pariwisatanya, telah mengkritik tindakan Moskow di Ukraina tetapi belum bergabung dengan sanksi Amerika Serikat dan Eropa terhadap Rusia.

Ia telah mempertahankan hubungan dekat dengan Moskow dan Kiev dan memposisikan dirinya sebagai mediator di antara keduanya. Ankara baru-baru ini membantu menengahi kesepakatan penting yang memungkinkan Ukraina untuk melanjutkan ekspor gandum dan menyebabkan pertukaran tahanan antara Ukraina dan Rusia. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home