Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 17:12 WIB | Selasa, 15 Februari 2022

Turki dan UEA Sepakati Kerja Sama Berbagai Bidang

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan dalam kunjungan resmi di Abu Dhabi. (Foto: Twitter)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM-Uni Emirat Arab (UEA) dan Turki menandatangani 13 perjanjian kerja sama yang mencakup berbagai sektor termasuk pertahanan dan perdagangan, selama pertemuan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, dengan Putra Mahkota Abu Dhabi, Sheikh Mohammed bin Zayed, kata kantor berita negara Turki, Anadolu, melaporkan, hari Senin (14/2).

Perjanjian yang ditandatangani mencakup sektor-sektor berikut: pertahanan, kesehatan, perubahan iklim, industri, teknologi, budaya, pertanian, perdagangan, ekonomi, pemuda, transportasi, manajemen bencana, meteorologi, komunikasi, dan arsip, menurut Anadolu.

Erdogan tiba di UEA pada hari Senin menandai kunjungan pertamanya ke negara Teluk dalam hampir satu dekade.

Selama pertemuan di istana kepresidenan Abu Dhabi, Qasr al-Watan, kedua pemimpin membahas hubungan bilateral dan perkembangan regional dan internasional, kantor berita negara UEA, WAM melaporkan.

Kedua pemimpin menekankan bagaimana kedua negara memiliki visi yang sama mengenai mendukung upaya damai dan solusi untuk memperkuat keamanan dan stabilitas di kawasan.

Putra Mahkota mencatat bahwa perjanjian dan nota kesepahaman yang ditandatangani antara kedua negara selama kunjungannya ke Turki tiga bulan lalu menetapkan dasar untuk merevitalisasi dan meningkatkan kemitraan ekonomi dan komersial antara UEA dan Turki.

Dia menambahkan bahwa UEA tertarik untuk bekerja sama dengan Turki untuk menghadapi tantangan bersama yang dihadapi kawasan melalui dialog, konsultasi, dan solusi diplomatik.

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home