Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:44 WIB | Selasa, 10 November 2015

Turki Peringati 77 Tahun Meningalnya Ataturk

Suasana peringatan 77 tahun meninggalnya Bapak Pendiri Republik Turki, Mustafa Kemal Ataturk, dio Ankara, Selasa (10/11). (Foto: dari Anadolu)

ANKARA, SATUHARAPAN.COM – Hari ini Turki memperingati Bapak pendiri republik Turki modern, Mustafa Kemal Ataturk, bertepatan dengan 77 meninggalnya tokoh ini. Upacara diselenggarakan di seluruh negeri, dan makamnya di Anıtkabir, Ankara menjadi jantung peringatan itu. Demikian diberuitakan media Turki, Hurriyet.

Anıtkabir akan menjadi pusat peringatan yang dihadiri puluhan ribu orang. Sebuah upacara juga diselenggarakan di kamarnya di Istana Dolmabahce, Istanbul, di mana dia menghabiskan hari-hari terakhirnya.

Karangan bunga akan diletakkan pada patung Ataturk di Taksim, di pusat Istanbul. Warga juga membentuk rantai manusia untuk menghormati Ataturk yang diselenggarakan di bagian Asia kota itu.

"Gazi Mustafa Kemal berhasil dalam perjuangan memimpin kemerdekaan dan masa depan bangsa melalui masa-masa sulit," kata Presiden Recep Tayyip Erdogandalam pernyataan tertulis pada hari Senin (9/11). Dia mengatakan, negara ini terus berjalan menuju target pada tahun 2023, menandai 100 tahun berdirinya republik Turki.

Sementara itu, Perdana Menteri Turki, Ahmed Davutoglu mengatakan bahwa tujuan terbesar Ataturk adalah membangun Turki sebagai negara beradab, kaya, dan bersatu.

"Hari ini, negara kita, pada rute menuju Turki besar, dan telah mengambil langkah-langkah penting pada  hak-hak demokratis dan kebebasan, menjadi salah satu negara yang paling hormat di dunia," katanya.

Di seluruh negeri, selama satu menit pada pukul 09:05 waktu setempat dilakukan mengheningkan cipta, saat yang sama ketika Ataturk meninggal.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home