Loading...
OLAHRAGA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 18:03 WIB | Jumat, 10 Oktober 2014

U-19 Ditekuk Uzbekistan 3-1

• Babak pertama Indonesia U-19 tertinggal 2-0
• Paulo Sitanggang sukses memperkecil ketinggalan Indonesia U-19
• Susunan pemain Uzbekistan U-19 vs Indonesia U-19
Foto Ilustrasi Timnas U-19. (Foto: goal.com)

YANGON, SATUHARAPAN.COM – Perjuangan tim nasional Indonesia di bawah usia 19 tahun (U-19) dalam laga perdana Grub B turnamen sepak bola Piala Asian U-19 berakhir dengan kekalahan. Setelah di babak pertama tertinggal 2-0 dari Uzbekistan, Evan Dimas cs dipaksa mengakhiri laga dengan skor 3-1.

Dalam pertandingan di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Jumat (10/10), pemain Indonesia U-19 terlihat mengalami nervous, sehingga tidak tampil dengan organisasi permainan yang jelas dan acap kali melakukan sejumlah kesalahan.

Uzbekistan U-19 membuka keunggulan mereka pada menit ke-18 melalui sontekan Khamdamov Dostonbek di dalam kotak penalti. Khamdamov yang lepas dari jebakan off-side lini pertahanan Indonesia, sukses meneruskan umpan datar Shomurodov Eldor dan membawa Uzbekistan U-19 memimpin 1-0.

Dua menit berselang, Uzbekistan membuat skuat besutan Indra Sjafri semakin tertinggal. Khamdamov kembali menjadi aktor setelah dijatuhkan Faturohman di dalam kotak penalti ketika sedang melakukan penetrasi.

Urinboev Zabikhillo pun sukses menundukkan Rully Desrian melalui eksekusi tendangan penaltinya ke arah kanan, 2-0 Uzbekistan U-19 unggul.

Kedudukan ini pun bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di awal babak kedua, Indonesia coba menaikkan tempo permainan dan langsung menekan pertahanan Uzbekistan. Namun, anak asuh Indra Sjafri itu masih gagal dan justru melakukan sejumlah pelanggaran. Bahkan di menit 48, kapten Indonesia U-19 Evan Dimas diganjar kartu kuning karena dianggap melakukan diving.

Menit 57, Indonesia akhirnya bisa memperkecil kedudukan lewat pemain yang baru masuk dua menit sebelumnya, Paulo Sitanggang. Tembakan keras jarak jauhnya gagal dihalau oleh penjaga gawang Khamraev, kedudukan berubah menjadi 2-1 masih untuk keunggulan Uzbekistan.

Terus mencoba membangun serangan demi mengejar ketinggalan, gawang Indonesia justru kembali robek di menit 85. Sepakan terukur Shukurov ke sudut kanan gagal dibendung Rully Desrian. Uzbekistan mempertebal keunggulannya menjadi 3-1.

Hingga wasit asal Oman, Abdullah Mohamed Al Hilali meniup pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan, tidak ada gol tambahan yang diciptakan kedua tim. Uzbekistan berhasil menekuk Indonesia dengan skor 3-1.

Dengan hasil ini, tim besutan Indra Sjafri diwajibkan memetik poin penuh dalam dua laga lanjutan Grup B Piala Asia U-19 Myanmar, guna menjaga asa untuk melenggang ke babak semifinal. Di pertandingan selanjutnya, Indonesia U-19 akan menghadapi Australia U-19, Minggu (12/10), dan Uni Emirat Arab U-19, pada Selasa (14/10).

Susunan Pemain (Uzbekistan U-19 vs Indonesia U-19)

Uzbekistan U19: 12-Khamraev Dilshod;20-Tursunov Dostonbek, 14-Abdusalimov Firdavs; 8-Sokhibov Javokhir, 15-Davlatov Bobir, 23-Goyosov Khurshid; 5-Hamrobekov Odiljon, 9-Shomurodov Eldor, 10-Shukurov Otabek, 17-Khamdamov Dostonbek, 19-Urinboev Zabikhillo

Pelatih: Khaydarov Akramjon

Indonesia U-19: 22-Rully Desrian; 2-Putu Gede, 13-Sahrul Kurniawan, 16-Hansamu Yama, 5-Fatchu Rochman; 8-Hargianto, Zulfiandi (’55 Paulo Sitanggang), 6-Evan Dimas; 20-Ilham Udin, 9-Dinan Javier, 15-Maldini Pali

Pelatih: Indra Sjafri

Wasit: Abdullah Mohamed Al Hilali (Oman)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home