Loading...
DUNIA
Penulis: Diah Anggraeni Retnaningrum 15:17 WIB | Selasa, 12 Agustus 2014

UE Serukan Spanyol dan Gibraltar Tindak Penyelundupan Rokok

UE serukan Spanyol dan Gibraltar tindak penyelundupan rokok. (Foto: dok satuharapan.com)

GIBRALTAR, SATUHARAPAN.COM ‒ Badan antipenipuan Uni Eropa pada Senin (11/8) menyerukan kepada Gibraltar dan Spanyol untuk mengambil tindakan hukum setelah pihaknya menemukan bukti-bukti bahwa kejahatan terorganisir berada di balik peningkatan penyelundupan rokok di wilayah Spanyol selatan.

European Anti-Fraud Office (OLAF) mengeluarkan rekomendasi tersebut setelah merampungkan penyelidikan yang dimulai pada Agustus 2013 atas permintaan Madrid terhadap peningkatan tajam penyelundupan rokok melalui perbatasan antara Gibraltar dan Spanyol pada 2009 dan 2013.

Penyelundupan rokok dari Gibraltar, wilayah Inggris dengan pajak yang rendah, ke Spanyol, menjadi masalah utama dalam hubungan diplomatik kedua negara.

Para penyelundup membeli rokok dalam jumlah besar di Gibraltar di jauh di bawah harga yang ditetapkan di Spanyol yang pada 2012 menaikkan pajak penjualan guna menutupi defisit publik.

Spanyol pada Agustus meluncurkan pemeriksaan perbatasan yang ketat di perbatasan dengan Gibraltar sehingga menyebabkan antrean panjang kendaraan bermotor. Hal itu dikatakan sebagai langkah yang ditujukan untuk membasmi penyelundupan rokok. (AFP)

 

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home