Loading...
RELIGI
Penulis: Sabar Subekti 17:49 WIB | Kamis, 02 Maret 2023

UEA Tampilkan Toleransi Melalui “Rumah Keluarga Abrahamik”

Pandangan umum “Rumah Keluarga Ibrahamik” dengan Sinagoga Moses Ben Maimon, kiri, dan Masjid Imam al-Tayeb, kanan, di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, Selasa, 21 Februari 2023. Kompleks baru, disebut “Rumah Keluarga Ibrahamik”, didirikan di tepi Teluk Persia, di ibu kota Uni Emirat Arab, menampung sebuah gereja Katolik, sinagog Yahudi, dan masjid Islam. (Foto: AP/Kamran Jebreili)

ABU DHABI, SATUHARAPAN.COM - Di tepi Teluk Persia, sebuah kompleks baru menampung gereja Katolik, sinagog Yahudi, dan masjid Islam di ibu kota Uni Emirat Arab (UEA).

Disebut sebagai “Rumah Keluarga Abrahamik” menawarkan manifestasi dengn beton, marmer, dan kayu ek dari dorongan UEA yang dipublikasikan menuju toleransi setelah menerima Paus Fransiskus pada 2019 dan kemudian secara diplomatis mengakui Israel pada 2020. Para jemaah telah berdoa dan berkomunikasi di lokasi itu di Pulau Saadiyat Abu Dhabi, sementara masyarakat umum akan diizinkan mengunjungi pada bulan depan.

Namun, UEA masih mengkriminalisasi dakwah di luar agama Islam. Keamanan juga tetap menjadi perhatian bagi jemaah Yahudi di pos baru di Semenanjung Arab ini, baik dari musuh regional Israel, Iran, atau dari mereka yang marah karena Israel membangun pemukiman di tanah yang dicari warga Palestina untuk negara masa depan mereka.

Penyelenggara menolak untuk berbicara di depan kamera pada hari Selasa (21/2) kepada The Associated Press tentang proyek tersebut, bahkan ketika mereka memimpin wartawan di sekitar lokasi.

UEA, sebuah federasi tujuh syekh, mengumumkan rencana “Rumah Keluarga Ibrahamik” pada 2019 selama “Tahun Toleransi” negara itu. Dirancang oleh arsitek Inggris-Ghanian Sir David Adjaye, situs tersebut mencakup tiga rumah ibadah dan sebuah pusat yang menghubungkan mereka untuk acara mendatang.

Situs itu sendiri menonjol sebagai tempat ibadah dengan marmer putih yang mencolok di ibu kota yang lebih dikenal dengan industri minyaknya, pameran senjata yang sedang berlangsung, menara kaca, dan hotel tepi pantai. Tiga rumah ibadah — Gereja Santo Fransiskus dari Asisi, Sinagog Musa Ben Maimon, dan Masjid Imam al-Tayeb — berdiri di titik-titik segitiga, masing-masing memiliki struktur sekitar 30 meter kubik (1.060 kaki kubik).

Air mancur berbentuk segitiga terletak di bagian dalam, memberikan latar belakang yang bergelembung dengan suara konstruksi yang terjadi di tempat lain di sebuah pulau yang sudah menjadi rumah bagi Louvre Abu Dhabi yang berkubah, sebuah museum yang dibuka berdasarkan perjanjian dengan Prancis. Di belakang situs, sayap elang besar dari Museum Nasional Zayed yang sedang dibangun menjulang di atas kepala saat para pekerja memanjat melalui perancahnya pada hari Selasa.

Meskipun setiap rumah ibadah memiliki ukuran yang sama, semua bagian dalamnya tampak berbeda. Di gereja, jendela ke arah timur dengan cahaya pagi membingkai altar marmer dan mimbar dengan salib di atasnya. Bangku Oaken duduk di dalam untuk umat beriman di bawah tiang kayu gantung yang tergantung di langit-langit.

Sinagoga memiliki bangku yang serupa, dengan “Sepuluh Perintah” tertulis dalam bahasa Ibrani di bagian depan. Sebuah ruangan untuk Kitab Taurat terletak di belakang bagian depan. Jaring perunggu tergantung di langit-langit, bermain dengan cahaya dari jendela dan lampu langit-langit di atasnya.

Masjid memiliki rak untuk Quran dan juga di luar, bagi umat untuk melepas sepatu mereka, tersembunyi di balik desain geometris Islami. Karpet abu-abu menutupi lantai, dengan dua mikrofon di bawah dan satu di atas mimbar, tempat imam berdiri untuk salat Jumat. Dinding yang dapat dipindahkan memisahkan bagian pria dan wanita.

Pejabat tidak memberikan angka untuk biaya pembangunan situs tersebut, meskipun bahannya sendiri kemungkinan besar menelan biaya ratusan juta dolar.

Masalah Dakwah Agama

Namun, dakwah di luar agama Islam tetap ilegal di UEA dan Islam diabadikan sebagai agama resmi dalam konstitusi negara, dengan situs web pemerintah bahkan menawarkan aplikasi online untuk pindah agama. Konversi dari Islam ke agama lain, bagaimanapun, adalah ilegal, seperti sihir dan ilmu sihir, Departemen Luar Negeri Amerika Serikat telah memperingatkan.

Undang-undang penistaan dan kemurtadan juga membawa kemungkinan hukuman mati — meskipun tidak ada eksekusi seperti itu diketahui telah dilakukan sejak UEA menjadi sebuah negara pada tahun 1971. Meskipun menghadapi pembatasan, umat Buddha, Kristen, Hindu, dan lainnya di UEA tidak pernah menghadapi kekerasan yang telah menargetkan komunitas mereka di Suriah dan Irak selama kebangkitan kelompok Negara Islam (ISIS) dan militan lainnya.

Keamanan tampaknya menjadi perhatian utama untuk situs tersebut. Meskipun disembunyikan sebanyak mungkin, detektor logam menyaring mereka yang masuk ke fasilitas tersebut. Kamera keamanan dapat dilihat di setiap sudut utama, baik di dalam maupun di luar rumah ibadah. Pada hari Selasa, penjaga keamanan swasta berjas hitam juga memasang kaca spion di sekitar kendaraan untuk memeriksa bagian bawah kendaraan mereka dari bahan peledak – tindakan yang jarang terlihat di Emirates.

Media garis keras di Iran memiliki previ sendiri untuk menggambarkan UEA sebagai target yang “sah”, mengingat pengakuannya atas Israel. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home