Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 11:27 WIB | Selasa, 16 Mei 2023

UK Maranatha Latih Strategi Pemasaran Lima UMKM Sukawarna Bandung

Foto: dok. Program Sarjana Teknik Industri UK Maranatha

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Tim pengabdian kepada masyarakat (PKM) Fakultas Teknik Program Sarjana Teknik Industri Universitas Kristen Maranatha mengadakan kegiatan pelatihan kepada lima Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berlokasi di Kelurahan Sukawarna, Bandung.

Acara tersebut diselenggarakan dengan tujuan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap merek dagang sehingga memungkinkan terjadinya perkembangan dalam produktivitas penjualan masing-masing UMKM.

Tim PKM ini diketuai oleh Christina, S.T., M.T., Ketua Program Sarjana Teknik Industri serta beranggotakan delapan dosen dan 23 mahasiswa.

Dalam pelaksanaan kegiatan, tim PKM menargetkan lima UMKM yang dinilai masih dikelola secara sederhana dan belum menerapkan strategi pemasaran yang maksimal, yaitu Anindya Cake and Cookies, penjual sembako RT04 RW07, Warung Berkah Mang Dede, Seblak Basreng Teh Dini, dan DLWK Racing.

Untuk mengidentifikasi hambatan yang dihadapi, tim PKM menggunakan empat metode yang diterapkan di Teknik Industri, yaitu survei area, studi literatur dan penentuan cara pemecahan masalah, penyusunan strategi dan pelatihan, serta evaluasi kegiatan.

“Setelah melakukan identifikasi secara terperinci, kami menemukan beberapa hambatan, salah satunya adalah lokasi UMKM yang memang kurang ideal karena berada di dalam gang dan bukan jalur ramai lalu-lalang, serta kurangnya pemanfaatan media-media yang bisa digunakan untuk menarik lebih banyak pengunjung. Selama ini, mereka hanya mengandalkan promosi dari mulut ke mulut kepada penduduk sekitar, padahal potensi pasarnya cukup besar,” ungkap Christina dikutip Selasa (16/5).

Menimbang dari data yang ditemukan, tim PKM berhasil membuat rencana pemasaran bersama strateginya, serta memberi pelatihan terkait.

Strategi yang direkomendasikan adalah penambahan cara promosi menggunakan media digital, yaitu melalui aplikasi obrolan WhatsApp dan marketplace daring.

Dengan media-media tersebut, para UMKM bisa mencapai lebih banyak pengunjung, serta mengelola langganan yang sudah dimiliki sebelumnya.

Atas berhasilnya penyelenggaraan kegiatan pelatihan ini, Dr. Rd. Nana Hadiana, S.E., M.M., selaku Lurah Sukawarna mengucapkan terima kasih dan berharap ke depannya bisa lebih banyak lagi UMKM yang diberi pelatihan serupa.

Sebelumnya kegiatan dengan tajuk “Konsultasi dan Pelatihan Strategi Pemasaran di UMKM Kelurahan Sukawarna, Bandung” ini dilaksanakan secara berkala mulai dari tanggal 3 Februari hingga 15 Maret 2023 secara tatap muka di Kelurahan Sukawarna, Bandung.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home