Loading...
EKONOMI
Penulis: Melki 12:08 WIB | Rabu, 05 April 2023

Dosen UK Maranatha Ajak Pebisnis Menghitung Kelayakan Usahanya

Foto: dok. DSDI dan LPIK UK Maranatha via Zoom

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Dosen Fakultas Bisnis UK Maranatha, Amelina Apricia Sjam, S.E., M.M., M.Sc., Ph.D., menjelaskan mengenai teknik keuangan, yaitu capital budgeting.

Capital budgeting merupakan evaluasi bisnis yang menghitung kelayakan usaha yang telah dilaksanakan dengan menggunakan metode Payback Period dan Net Present Value (NPV).

“Ketika kita memulai bisnis, kita perlu mengevaluasi apakah bisnis tersebut layak atau tidak untuk dijalankan agar memudahkan untuk melakukan perencanaan ke depannya,” tutur Amelina seperti dilansir dari news.maranatha.edu hari Rabu (5/4).

Sebelumnya Direktorat Sumber Daya Insani (DSDI) bersama dengan Lembaga Pengembangan Inovasi Kewirausahaan (LPIK) Universitas Kristen Maranatha menyelenggarakan workshop yang bertemakan “Literasi Keuangan: 5 Kesalahan Keuangan Pengusaha Pemula”. Acara ini diadakan secara daring pada 31 Maret 2023 melalui zoom dan diikuti oleh civitas academica UK Maranatha.

Dalam kata sambutannya, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Inovasi, dan Kemitraan, Dr. Krismanto Kusbiantoro, S.T., M.T., CIQaR menjelaskan bahwa panggilan kita bukan sebagai pemilik, tetapi pengelolaOleh karena itu, menjadi hal yang penting untuk mengelola keuangan yang baik serta memiliki perencanaan keuangan untuk kesejahteraan hidup.

“Jangan sampai kita tidak memiliki rencana atas keuangan karena hal ini merupakan hal penting untuk kehidupan ke depannya,” ungkapnya.

Kemudian, acara berlanjut dengan pemaparan materi dari pendiri BahasaBisnis.id, Edhy Surbakty, S.E., M.B.A., Ak., CA., CPA. 

Ia menjelaskan mengenai kesalahan pemula pebisnis di awal berbisnis, mulai dari memisahkan keuangan pribadi dengan usaha, perhitungan biaya dasar, menentukan harga produk, dan beberapa kesalahan yang terjadi.

“Dalam membangun bisnis, terkadang kita terlalu fokus pada modal yang berupa uang, padahal modal tidak hanya uang. Ada modal yang berupa kemampuan dan kepercayaan. Namun, kita juga tetap perlu memperhatikan pelaporan keuangan yang terjadi dalam usaha kita,” kata Edhy.

Setelah pemaparan materi dari kedua narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan penyerahan sertifikat. 


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home