Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:43 WIB | Senin, 17 April 2023

FKG-RSGM Maranatha Raih Penghargaan Terbaik BKGN

Foto: dok. Fakultas Kedokteran Gigi

BANDUNG, SATUHARAPAN.COM - Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Kristen Maranatha dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Maranatha baru saja mendapatkan dua penghargaan, Program Terbaik dan Teledentistry Terbanyak atas penyelenggaraan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2022. 

Penghargaan ini diberikan oleh PT Unilever Indonesia, Tbk. sebagai penyelenggara utama.

Drg. Yohanes Yoppy Purnomo, Sp.BM, dosen FKG dan Ketua Panitia pelaksanaan BKGN 2022 di UK Maranatha merasa bangga atas pencapaian ini.

“Yang pasti, saya sebagai ketua cukup merasa bangga, khususnya terhadap FKG dan RSGM. Karena meskipun kedua ini adalah instansi yang terpisah, tetapi bisa bekerja sama dengan baik,” ungkap drg. Yohanes seperti dikutip dari news.maranatha.edu, Senin (17/4).

Acara BKGN 2022 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai yang diharapkan berkat kerja sama yang baik antara kedua instansi tersebut.

BKGN merupakan sebuah kegiatan sosial yang diadakah oleh Pepsodent, salah satu brand PT Unilever Indonesia, Tbk. Pepsodent bermitra dengan FKG, Rumah Sakit Gigi dan Mulut Pendidikan Indonesia, Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI), dan lainnya untuk melaksanakan program ini. Terdapat tiga program utama yang diadakan pada BKGN 2022, yaitu Perawatan Gigi Gratis, School Health Program, dan Teledentistry.

Tahun 2022, BKGN berlangsung pada September hingga Desember 2022. Pada program perawatan gigi gratis, masyarakat dari berbagai kalangan bisa hadir di RSGM Maranatha untuk mendapatkan perawatan gigi secara gratis.

Perawatan yang diberikan berupa pencabutan, penambalan sederhana, dan pembersihan karang gigi (scaling), serta preventive dentistry.

Target yang diberikan oleh Pepsodent adalah 300 pasien yang terdiri dari anak-anak dan orang dewasa selama tiga hari pelaksanaan. Namun, pada pelaksanaannya di tanggal 16, 19-20 Desember 2022, RSGM dan FKG UK Maranatha mampu mengundang pasien dengan jumlah tiga kali lipat dari target yang ditentukan, yaitu 967 pasien.

Pada School Health Program, FKG-RSGM ditugaskan untuk memberikan edukasi tentang perilaku hidup bersih dan sehat, khusus pada siswa-siswa SD dan PAUD.

FKG-RSGM Maranatha mengunjungi tujuh sekolah di Bandung dengan total 2.188 siswa untuk memberikan penyuluhan. Masing-masing sekolah memiliki tiga orang kader, dari perwakilan guru, orang tua, dan siswa atau yang biasa disebut dokter gigi cilik.

Ketiga kader tersebut bertanggung jawab untuk memantau kebiasaan menjaga kesehatan gigi para guru, orang tua, dan siswa. Para kader diberikan sebuah handbook atau catatan berupa panduan tentang bagaimana menjaga kesehatan gigi dan bertanggung jawab terhadap pola perilaku kebiasaan menyikat gigi di sekolahnya masing-masing.

“Mungkin yang membuat FKG-RSGM Maranatha berhasil mendapat penghargaan program terbaik adalah selain memenuhi target bahkan sampai melebihi capaian dari tiga program yang dilaksanakan, kemungkinan salah satunya berkat handbook atau catatan yang kita buat ini, catatan ini dipakai di setiap sekolah sebagai materi penyuluhan, sehingga pola perilaku anak-anak dalam menjaga kesehatan gigi khususnya menyikat gigi berdasarkan laporan para kader berubah lebih baik”, kata drg. Yohanes.

Sedangkan, Teledentistry adalah program konsultasi gratis secara online melalui platform WhatsApp Tanya Dokter Gigi by Pepsodent. Para pasien bisa berkonsultasi dengan dokter gigi yang bertugas melalui fitur chat.

Dalam program Teledentistry ini, banyak alumni FKG UK Maranatha yang ikut serta membantu dalam pelaksanaan kegiatan.

FKG-RSGM Maranatha beserta alumni mampu menghadirkan dokter gigi unggulannya yang berjumlah sekitar 266 orang (dokter gigi dan dokter gigi muda) dalam pelaksaan BKGN selama tiga hari ini.

“Saya berharap pelaksanaan BKGN ke depannya harus lebih baik, lebih mewah, lebih lancar, dan lebih sukses lagi dari sebelumnya. Kuota pasien pun semoga bisa lebih banyak lagi, jadi cakupan-cakupan sekolahnya bisa lebih besar sehingga nama FKG-RSGM Maranatha bisa lebih dikenal di Bandung dan sekitarnya,” tutur drg. Yohanes. “Meskipun FKG UK Maranatha masih tergolong muda, tetapi kita tetap serius dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan seperti ini. Oleh karena itu, kita bisa mendapatkan apresiasi dari PT Unilever Indonesia, Tbk,” katanya.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home