Loading...
HAM
Penulis: Sabar Subekti 07:20 WIB | Sabtu, 26 Maret 2022

Ukraina: 300 Orang Tewas oleh Serangan Rusia di Gedung Teater Mariupol

Ukraina: 300 Orang Tewas oleh Serangan Rusia di Gedung Teater Mariupol
Mariana Vishegirskaya berdiri di luar rumah sakit bersalin yang rusak akibat penembakan di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. Visheirskaya dibawa ke rumah sakit terdekat lainnya di mana ia melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Veronika keesokan harinya. “Kami sedang berbaring di bangsal ketika kaca, bingkai, jendela, dan dinding berhamburan,” katanya kepada AP, berbaring di samping bayinya yang baru lahir. "Kami tidak tahu bagaimana itu terjadi. Kami berada di lingkungan kami dan beberapa punya waktu untuk menutupi diri. Beberapa tidak." (Foto: AP/Mstyslav Chernov)
Ukraina: 300 Orang Tewas oleh Serangan Rusia di Gedung Teater Mariupol
Tentara Ukraina dan pegawai darurat bekerja di luar rumah sakit bersalin yang rusak di Mariupol, Ukraina, Rabu, 9 Maret 2022. Serangan Rusia telah merusak rumah sakit di kota pelabuhan Mariupol yang terkepung, kata pejabat Ukraina. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang Ukraina mengatakan bahwa sekitar 300 orang tewas ketika serangan udara Rusia meledakkan sebuah gedung teater tempat ratusan warga sipil berlindung. Ini kerugian besar kehidupan sipil yang, jika dikonfirmasi, kemungkinan akan semakin meningkatkan tekanan pada negara-negara Barat untuk meningkatkan bantuan militer.

Dalam upaya sia-sia untuk melindungi orang-orang di dalam dari serangan rudal dan udara yang dihujani Rusia di kota-kota, sebuah prasasti besar bertuliskan "ANAK-ANAK" dalam bahasa Rusia telah dituli di luar teater dalam huruf besar agar terlihat dari udara.

Selama berhari-hari, pemerintah di reruntuhan Mariupol yang terkepung tidak dapat menghitung jumlah korban dalam serangan sejak 16 Maret itu. Unggahan di saluran Telegram hari Jumat (25/3) mengutip saksi mata, tetapi tidak segera jelas apakah pekerja darurat telah selesai menggali reruntuhan teater atau para saksi menunjukkan sosok mengerikan dari nyawa yang hilang.

Namun, gambaran yang muncul tentang korban yang mengerikan dapat memfokuskan kembali perhatian pada penolakan sejauh ini dari negara-negara dari aliansi NATO untuk memasok pesawat tempur atau patroli terbang untuk melindungi wilayah udara Ukraina, meskipun ada permintaan berulang dari presiden negara itu.

Skala kehancuran di Mariupol, di mana mayat-mayat dikuburkan di tengah kawah bom dan bangunan-bangunan telah dirusak oleh serangan tanpa henti, telah membuat informasi sulit diperoleh. Tetapi segera setelah serangan itu, komisaris hak asasi manusia Parlemen Ukraina mengatakan lebih dari 1.300 orang berlindung di teater, banyak dari mereka karena rumah mereka dihancurkan dalam pengepungan Rusia. Bangunan itu memiliki tempat perlindungan bom bawah tanah, dan beberapa orang yang selamat muncul dari puing-puing setelah serangan itu.

Korban tewas baru yang dilaporkan datang sehari setelah Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dan para pemimpin sekutu berjanji bahwa lebih banyak bantuan militer untuk Ukraina akan datang. Tetapi mereka berhenti menyediakan persenjataan berat yang menurut Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, sangat dibutuhkan.

Negara-negara NATO khawatir bahwa menyediakan pesawat, tank, dan zona larangan terbang di wilayah udara Ukraina dapat meningkatkan risiko mereka terseret ke dalam konflik langsung dengan Rusia.

AS dan Uni Eropa pada hari Jumat mengumumkan langkah untuk lebih menekan Rusia secara ekonomi: kemitraan untuk mengurangi ketergantungan Eropa pada energi Rusia dan perlahan-lahan mengeringkan miliaran dolar yang diperoleh Kremlin dari penjualan bahan bakar fosil.

Bahkan tanpa konflik langsung antara pasukan Rusia dan NATO, krisis keamanan paling serius di Eropa sejak Perang Dunia II mendorong hubungan ke titik putus. Kremlin gelisah dengan pengetatan sanksi di sekitar pemimpin ekonomi, mata uang, dan bisnis Rusia yang dituduh mendukung Presiden Vladimir Putin.

Menteri luar negerinya, Sergey Lavrov, pada hari Jumat menandai tekanan Barat sebagai "perang hibrida yang nyata, perang total."

“Dan tujuannya tidak disembunyikan,” lanjutnya, “mereka diumumkan secara terbuka, untuk menghancurkan, menghancurkan, memusnahkan, mencekik ekonomi Rusia, dan Rusia secara keseluruhan.”

Di kota-kota Ukraina yang hari demi hari semakin menyerupai reruntuhan yang ditinggalkan pasukan Rusia dalam serangan sebelumnya di Suriah dan Chechnya, kesengsaraan bagi warga sipil semakin parah.

Mereka yang bisa mencoba melarikan diri, mengosongkan kota-kota mereka. Di Kharkiv yang dibombardir tanpa henti, sebagian besar perempuan tua datang untuk mengumpulkan makanan dan persediaan mendesak lainnya. Di ibu kota Kiev, abu orang mati menumpuk di krematorium utama, karena begitu banyak kerabat telah pergi, meninggalkan guci-guci yang tidak diklaim.

Sementara itu, mereka yang rentan, orang tua, anak-anak, dan lainnya yang tidak dapat bergabung dengan jutaan orang menuju ke barat, menghadapi kekurangan pangan di negara yang dulu dikenal sebagai lumbung pangan dunia.

Militer Rusia mengklaim pada hari Jumat bahwa mereka menghancurkan pangkalan bahan bakar besar Ukraina yang digunakan untuk memasok pertahanan wilayah Kiev, dengan kapal-kapal menembakkan salvo rudal jelajah, menurut kantor berita Interfax. Video di media sosial menunjukkan ledakan bola api yang sangat besar di dekat ibu kota.

Pinggiran Kharkiv diselimuti oleh asap berkabut pada hari Jumat, dengan penembakan terus-menerus sejak pagi hari. Di sebuah rumah sakit kota, beberapa tentara yang terluka tiba, dengan luka peluru dan pecahan peluru, sehari setelah dokter merawat selusin warga sipil. Bahkan saat para dokter menstabilkan kasus yang paling mengerikan, suara tembakan bisa terdengar di bangsal operasi.

Pada pertemuan darurat NATO di Brussels pada hari Kamis, Zelenskyy memohon kepada sekutu Barat melalui video untuk pesawat, tank, roket, sistem pertahanan udara dan senjata lainnya, dengan mengatakan negaranya "mempertahankan nilai-nilai kita bersama."

Invasi telah mempertajam dilema energi dan moral bagi negara-negara Eropa yang memanaskan rumah dan industri listrik dengan bahan bakar fosil Rusia. Khawatir bahwa miliaran yang mereka bayarkan dapat disalurkan oleh Kremlin untuk upaya perangnya, mereka mempercepat pencarian alternatif.

Jerman mengatakan Jumat bahwa mereka telah menjalin kontrak dengan pemasok baru yang secara signifikan akan mengurangi ketergantungannya pada batu bara, gas dan minyak Rusia dalam beberapa pekan mendatang.

Joe Biden mengatakan kemitraan pasokan gas AS-UE yang baru akan membantu mengurangi penggunaan penjualan energi oleh Putin untuk “memaksa dan memanipulasi tetangganya” dan “menggerakkan mesin perangnya.” Berdasarkan rencana tersebut, AS dan negara-negara lain akan meningkatkan ekspor gas alam cair ke Eropa sebesar 15 miliar meter kubik tahun ini. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home