Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 07:13 WIB | Senin, 11 Juli 2022

Ukraina Berhentikan Duta Besar di Lima Negara

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy. (Foto: dok. Ist)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy memberhentikan duta besar Kiev untuk Jerman pada hari Sabtu (9/7) serta beberapa utusan asing lainnya, kata situs web kepresidenan.

Dalam sebuah dekrit yang tidak memberikan alasan untuk langkah tersebut, ia mengumumkan pemecatan duta besar Ukraina untuk Jerman, India, Republik Ceko, Norwegia, dan Hongaria.

Belum jelas apakah utusan itu akan diberi pekerjaan baru. Zelenskyy telah mendesak para diplomatnya untuk menggalang dukungan internasional dan bantuan militer untuk Ukraina ketika mencoba untuk menangkis invasi Rusia pada 24 Februari.

Hubungan Kiev dengan Jerman, yang sangat bergantung pada pasokan energi Rusia dan juga ekonomi terbesar Eropa, telah menjadi masalah sensitif tertentu.

Kedua ibu kota saat ini berselisih soal turbin buatan Jerman yang menjalani perawatan di Kanada. Jerman ingin Ottawa mengembalikan turbin ke raksasa gas alam Rusia, Gazprom, untuk memompa gas ke Eropa.

Kiev telah mendesak Kanada untuk menjaga turbin, mengatakan bahwa pengiriman ke Rusia akan menjadi pelanggaran sanksi yang dikenakan pada Moskow. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home