Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:56 WIB | Minggu, 10 Juli 2022

Ukraina: Rusia Tingkatkan Serangan “Neraka Sejati”

Petugas penyelamat dan petugas polisi memeriksa lokasi rumah yang hancur setelah serangan Rusia di lingkungan perumahan di pusat kota Kharkiv, Ukraina, pada hari Sabtu, 9 Juli 2022. (Foto: AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia meningkatkan serangan "neraka sejati" di jantung industri timur Ukraina, meskipun penilaian mereka mengambil jeda operasional, kata seorang gubernur regional hari Sabtu (9/7). Sementara itu, pejabat Ukraina lainnya mendesak orang-orang di daerah selatan yang diduduki Rusia untuk mengungsi dengan cepat "dengan segala cara yang mungkin" sebelum serangan balasan Ukraina.

Penembakan Rusia yang mematikan dilaporkan terjadi di timur dan selatan Ukraina. Gubernur Luhansk di wilayah timur, Serhyi Haidai, mengatakan Rusia meluncurkan lebih dari 20 serangan artileri, mortir dan roket ke wilayah itu semalam dan pasukannya menekan ke arah perbatasan dengan wilayah Donetsk. “Kami mencoba menahan formasi bersenjata Rusia di sepanjang garis depan,” tulis Haidai di Telegram.

Pekan lalu, Rusia merebut benteng besar terakhir perlawanan Ukraina di Luhansk, kota Lysychansk. Analis memperkirakan pasukan Moskow kemungkinan akan membutuhkan waktu untuk mempersenjatai kembali dan berkumpul kembali.

Tetapi “sejauh ini belum ada jeda operasional yang diumumkan oleh musuh. Dia masih menyerang dan menembaki tanah kami dengan intensitas yang sama seperti sebelumnya,” kata Haidai. Dia kemudian mengatakan pemboman Rusia terhadap Luhansk dihentikan karena pasukan Ukraina telah menghancurkan gudang amunisi dan barak yang digunakan oleh Rusia.

Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk, mengimbau penduduk wilayah yang dikuasai Rusia di selatan untuk mengungsi dengan cepat sehingga pasukan pendudukan tidak dapat menggunakannya sebagai perisai manusia selama serangan balasan Ukraina. “Anda perlu mencari cara untuk pergi, karena angkatan bersenjata kami akan datang untuk tidak menempati,” katanya. "Akan ada pertarungan besar-besaran."

Berbicara pada konferensi pers Jumat malam, Vereshchuk mengatakan upaya evakuasi sipil sedang berlangsung untuk beberapa bagian dari wilayah Kherson dan Zaporizhzhia. Dia menolak untuk memberikan rincian, dengan alasan keamanan.

Tidak jelas bagaimana warga sipil diharapkan untuk meninggalkan daerah yang dikuasai Rusia dengan aman sementara serangan rudal dan penembakan artileri berlanjut di daerah sekitarnya, apakah mereka akan diizinkan untuk pergi atau bahkan mendengar seruan pemerintah.

Lima orang tewas dan delapan lainnya terluka dalam penembakan Rusia hari Jumat di Siversk dan Semyhirya di wilayah Donetsk, gubernurnya, Pavlo Kyrylenko, menulis pada hari Sabtu di Telegram.

Di kota Sloviansk, yang disebut-sebut sebagai target serangan Rusia berikutnya, tim penyelamat menarik seorang pria berusia 40 tahun dari puing-puing sebuah bangunan yang dihancurkan pada hari Sabtu oleh penembakan. Kyrylenko mengatakan banyak orang berada di bawah reruntuhan.

Rudal Rusia juga menewaskan dua orang dan melukai tiga lainnya Sabtu di kota selatan Kryvyi Rih, menurut otoritas regional. “Mereka sengaja menargetkan daerah pemukiman,” kata Valentyn Reznichenko, gubernur wilayah Dnipropetrovsk timur, di Telegram. Walikota Kryvyi Rih, Oleksandr Vilkul, menegaskan di Facebook bahwa bom tandan telah digunakan dan mendesak warga untuk tidak mendekati benda asing di jalan. Lebih banyak ledakan dilaporkan pada hari Sabtu (9/7) malam.

Kryvyi Rih adalah kota kelahiran Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, yang berkunjung hari Jumat untuk bertemu dengan Vilkul dan brigadir jenderal yang memimpin pasukan di wilayah tersebut. Kantor Zelenskyy mengatakan dia diberi pengarahan tentang "pembangunan struktur pertahanan," dukungan pasukan, pasokan makanan dan obat-obatan ke kota dan bantuan yang diberikan kepada orang-orang yang melarikan diri ke Kryvyi Rih setelah diusir dari rumah mereka di tempat lain di Ukraina.

Pejabat pertahanan Rusia pada hari Sabtu mengklaim bahwa pasukan mereka menghancurkan hanggar yang menampung howitzer Amerikia Serikat di wilayah Donetsk, dekat kota Chasiv Yar. Tidak ada tanggapan langsung dari Ukraina.

Perkembangan Lain Invasi Rusia:

  • Kepolisian Nasional Ukraina mengatakan akan membuka penyelidikan kriminal atas dugaan perusakan tanaman oleh militer Rusia di wilayah Kherson selatan. Dalam sebuah pos Telegram, ia menuduh pasukan Rusia tidak mengizinkan penduduk memadamkan api di ladang dan sebaliknya menyabot panen.
  • Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan pasukan Rusia di Ukraina sekarang dipersenjatai dengan “peralatan usang atau tidak sesuai,” termasuk kendaraan lapis baja MT-LB yang diambil dari penyimpanan jangka panjang yang tidak memberikan perlindungan yang sama seperti tank modern. “Sementara MT-LBS sebelumnya telah beroperasi dalam peran pendukung di kedua sisi, Rusia lama menganggap mereka tidak cocok untuk sebagian besar peran transportasi infanteri garis depan,” kata kementerian Inggris di Twitter.
  • Menteri Olahraga Ukraina, Vadym Gutzeit, mengatakan 100 atlet dan pelatih Ukraina telah tewas baik di medan perang atau dari tembakan Rusia, sementara 22 ditangkap oleh pasukan Rusia. Dalam sebuah posting Facebook, Gutzeit mengatakan lebih dari 3.000 atlet sekarang berseragam. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home