Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:23 WIB | Jumat, 16 Desember 2022

Ukraina Jatuhkan 13 Drone, Rusia: Tidak Ada Sencatan Senjata Natal

Drone Shahed 171 buatan Iran menjatuhkan bom sebagai bagian dari latihan militer di Iran, dalam foto selebaran tak bertanggal. (Foto: dok. Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Ukraina menembak jatuh 13 drone pada hari Rabu (14/12), kata para pejabat, ketika Rusia meluncurkan serangan drone besar pertamanya di ibu kota Kiev dalam beberapa pekandan Amerika Serikat mempertimbangkan untuk mengirim sistem pertahanan udara Patriot canggihnya untuk membantu Ukraina.

Tidak ada pembicaraan damai yang dilakukan untuk mengakhiri konflik, yang telah menewaskan ribuan orang, membuat jutaan orang terlantar, dan mengubah kota menjadi reruntuhan. Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, meminta Rusia pekan ini untuk mulai menarik diri menjelang Natal sebagai langkah pertama menuju kesepakatan damai.

Kremlin mengatakan pada hari Rabu bahwa "gencatan senjata Natal" tidak ada dalam agenda.

Wali Kota Kiev, Vitali Klitschko, mengatakan ledakan mengguncang distrik pusat kota Shevchenkivskyi hari Rabu pagi dan dua gedung administrasi telah rusak. Peringatan serangan udara dicabut tiga jam setelah dimulai.

Di salah satu distrik Kiev, penduduk mengatakan mereka mendengar suara pesawat tak berawak Shahed Iran, yang dikenal sebagai "moped" oleh orang Ukraina karena deru mesin mereka yang keras, diikuti oleh ledakan kuat di sebuah gedung di sebelah rumah mereka.

"Saya sudah di dapur, saya mendengar semuanya, saya mendengar 'moped' berdengung dan saya lari ke kamar mandi," kata Yana, 39 tahun, yang sedang bersiap-siap untuk bekerja. “Saya ingin ini semua berakhir... Untuk (Presiden Rusia, Vladimir) Putin, bajingan itu, mati. Itulah satu-satunya emosi.”

Satu serangan tampaknya telah merobek sepotong atap sebuah bangunan berdinding bata di dekatnya. Tidak jelas untuk apa bangunan itu digunakan.

Beberapa jendela bangunan tempat tinggal di dekatnya telah hancur. Serpihan atap berserakan di salju bersama puing-puing lainnya. Warga yang terkejut, terbungkus dingin, memeriksa kerusakannya.

Mereka mengatakan tidak ada yang terluka.

Ekor putih drone terlihat di reruntuhan. Ada M529 Geran-2 tertulis di atasnya dan pesan tulisan tangan "Untuk Ryazan!!!", referensi yang jelas untuk apa yang dikatakan Moskow sebagai serangan Ukraina di lapangan terbang jauh di dalam Rusia bulan ini.

Saya Bangga

Rusia, yang menginvasi Ukraina pada 24 Februari dalam apa yang disebutnya sebagai "operasi militer khusus" untuk "denazifikasi" tetangganya, telah melancarkan rentetan serangan rudal terhadap infrastruktur energi sejak Oktober. Operator jaringan Ukraina mengatakan fasilitas energi tidak mengalami kerusakan apapun dalam serangan hari Rabu.

Juru bicara angkatan udara Ukraina, Yuriy Ihnat, mengatakan serangan itu sengaja dilakukan saat hari gelap untuk mempersulit menembak jatuh drone. “Pertahanan udara bekerja dengan baik.” dia berkata. “Tiga belas (drone) ditembak jatuh.”

“Bagus sekali, saya bangga,” kata Zelenskyy dalam pesan video singkat, memuji sistem pertahanan udara.

Ukraina telah menerima sistem pertahanan udara dari Barat, termasuk dari Amerika Serikat. Patriot dianggap salah satu yang paling canggih.

Para pejabat AS mengatakan kepada Reuters bahwa pengumuman tentang keputusan untuk menyediakan sistem tersebut dapat dilakukan paling cepat pada hari Kamis.

Kremlin mengatakan pada hari Rabu bahwa sistem pertahanan rudal Patriot AS akan menjadi target yang sah untuk serangan Rusia terhadap Ukraina jika Washington mengizinkan pengiriman mereka ke Kiev.

Laporan pagi Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina menyoroti pentingnya sistem pertahanan udara. Dalam 24 jam terakhir, katanya, di wilayah Kharkiv, Donetsk dan Zaporizhzhia “musuh meluncurkan satu serangan udara dan 11 rudal, tiga di antaranya pada infrastruktur sipil... (dan) melancarkan lebih dari 60 serangan dari berbagai peluncur roket ”.

Dan peluru Rusia menghantam gedung administrasi regional di alun-alun pusat kota selatan Kherson yang baru saja dibebaskan, kata wakil kepala kantor kepresidenan Ukraina.

Setelah serangkaian serangan balik kilat Ukraina yang membuat Kiev mendapatkan kembali kendali atas sekitar setengah wilayah yang direbut Moskow pada pekan pertama perang, tidak ada pihak yang membuat keuntungan teritorial yang signifikan dalam sebulan terakhir.

Analis militer mengatakan kebuntuan musim dingin dapat terjadi, bahkan ketika pertempuran sengit berlanjut, terutama di wilayah Donetsk, di mana pasukan Rusia berusaha merebut kota Bakhmut.

Kantor Zelenskyy mengatakan presiden dan pejabat militer membahas langkah-langkah untuk memastikan keamanan perbatasan pada pertemuan komando tertinggi pada hari Rabu.

Pembicaraan itu terjadi sehari setelah sekutu Moskow, Belarusia, mengumumkan peningkatan kesiapan tempur di selatan negara itu. Rusia menggunakan Belarusia sebagai landasan peluncuran untuk invasi ke Ukraina.

Jutaan warga sipil yang mengalami konflik terbesar di Eropa sejak Perang Dunia Kedua harus menghadapi pemadaman listrik, pemanas, dan air karena suhu di bawah nol.

Di Paris, sekitar 70 negara dan institusi menjanjikan lebih dari satu miliar euro untuk membantu memelihara air, makanan, energi, kesehatan, dan transportasi Ukraina.

Sergey Kovalenko, kepala perusahaan listrik YASNO, mengatakan di Facebook bahwa perbaikan berlanjut di jaringan listrik, tetapi Kiev masih hanya memiliki dua pertiga dari daya yang dibutuhkan.

Seorang warga AS termasuk di antara puluhan tahanan yang diserahkan ke Ukraina dalam pertukaran tahanan dengan Rusia, kata kepala administrasi kepresidenan Ukraina, hari  Rabu. Andriy Yermak menulis di aplikasi pesan Telegram bahwa Suedi Murekezi telah “membantu rakyat kami” sebelum berakhir di tahanan Rusia. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home