Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:25 WIB | Rabu, 14 Desember 2022

Menyusul Kemunduran di Ukraina, Putin Batal Konferensi Pers Akhir Tahun

Ini pertanda Putin mengakui ada banyak masalah yang sulit dihadapi, termasuk invasinya ke Ukraina.
Presiden Rusia, Vladimir Putin, mengambil bagian dalam upacara peluncuran infrastruktur transportasi baru dan direnovasi melalui konferensi video di kediaman Novo-Ogaryovo di luar Moskow, Rusia, Selasa, 13 Desember 2022. (Foto: Mikhail Metzel/ Sputnik/Kremlin/pool via AP)

MOSKOW, SATUHARAPAN.COM-Presiden Rusia, Vladimir Putin, membatalkan konferensi pers maraton tahunannya menyusul serangkaian kemunduran di medan perang di Ukraina. Ini sebuah pengakuan diam-diam bahwa perang pemimpin Rusia itu salah besar.

Putin biasanya menggunakan ritual akhir tahun untuk memoles citranya, menjawab berbagai pertanyaan tentang kebijakan dalam dan luar negeri untuk menunjukkan cengkeramannya pada detail dan memberikan kesan keterbukaan meskipun acara tersebut dikelola dengan ketat.

Tapi tahun ini, dengan pasukannya melemah di Ukraina, mustahil untuk menghindari pertanyaan tidak nyaman tentang kesalahan militer Rusia, bahkan di acara yang sangat koreografi. Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengkonfirmasi pada hari Senin (12/12) bahwa Putin tidak akan mengadakan konferensi pers bulan ini tanpa menjelaskan alasannya.

“Meskipun pertanyaan hampir pasti biasanya diperiksa terlebih dahulu, pembatalan kemungkinan besar karena meningkatnya kekhawatiran tentang prevalensi perasaan anti perang di Rusia,” tulis Kementerian Pertahanan Inggris dalam sebuah komentar di Twitter.

“Pejabat Kremlin hampir pasti sangat sensitif tentang kemungkinan bahwa setiap acara yang dihadiri Putin dapat dibajak oleh diskusi tanpa izin tentang ‘operasi militer khusus’,” katanya, menggunakan istilah yang digunakan Moskow untuk perang.

Beberapa penampilan sebelumnya berlangsung selama lebih dari 4 1/2 jam, di mana dia terkadang menghadapi beberapa pertanyaan tajam, tetapi menggunakannya untuk mengejek Barat atau merendahkan lawan domestiknya.

Putin juga telah membatalkan acara tahunan lainnya tahun ini, sebuah acara telepon di televisi di mana dia menjawab pertanyaan dari publik untuk memelihara citra sebanagi bapak bangsanya.

Dan dia sejauh ini gagal menyampaikan pidato kenegaraan tahunan yang disiarkan televisi ke parlemen, sebuah kewajiban konstitusional. Belum ada tanggal yang ditetapkan untuk pidato Putin.

Kremlin telah memberangus setiap kritik atas invasinya ke Ukraina dari kubu anti perang liberal, menutup media independen dan mengkriminalisasi penyebaran informasi apa pun yang berbeda dari pandangan resmi,  termasuk menyebut kampanye itu sebagai perang. Tapi itu menghadapi kritik yang semakin vokal dari garis keras Rusia, yang mengecam presiden sebagai lemah dan ragu-ragu dan menyerukan untuk meningkatkan serangan di Ukraina.

Analis politik, Abbas Gallyamov, mengatakan dalam sebuah komentar video bahwa keputusan untuk tidak mengadakan konferensi pers kemungkinan besar karena Putin "tidak mengatakan apa-apa dari sudut pandang strategi."

Putin memerintahkan invasi ke Ukraina pada 24 Februari, mengklaim bahwa Moskow terpaksa "mendemiliterisasi" negara itu dalam menghadapi penolakan NATO untuk menawarkan jaminan kepada Rusia bahwa Ukraina tidak akan diundang untuk bergabung dengan aliansi tersebut.

Ukraina dan sebagian besar dunia mengecam serangan Rusia terhadap tetangganya sebagai tindakan agresi yang tidak beralasan.

Putin dan para pejabatnya berharap untuk mengalahkan militer Ukraina dalam beberapa hari, tetapi perlawanan sengit Ukraina, yang didukung oleh senjata Barat, dengan cepat menggagalkan rencana tersebut. Setelah upaya yang gagal untuk merebut ibu kota Ukraina dengan cepat, pasukan Rusia mundur dari daerah sekitar Kiev pada bulan Maret.

Pada bulan September, Ukraina memenangkan kembali petak besar tanah di wilayah timur laut Kharkiv, dan bulan lalu merebut kembali kendali atas kota pelabuhan Kherson yang strategis di selatan.

Mobilisasi 300.000 cadangan yang diperintahkan Putin pada bulan September sejauh ini telah gagal membalikkan nasib Rusia di medan perang. Perintah mobilisasi telah mendorong ratusan ribu orang Rusia melarikan diri ke luar negeri untuk menghindari perekrutan, dan mereka yang telah dipanggil melaporkan kekurangan peralatan dan persediaan utama.

Dalam pengakuan yang langka pekan lalu bahwa perang di Ukraina memakan waktu lebih lama dari yang dia perkirakan, Putin mengakui bahwa menyelesaikan kampanye bisa menjadi "proses yang panjang". Pada saat yang sama, ia terus mengklaim bahwa itu berjalan sesuai rencana dan akan mencapai tujuannya.

Sergei Markov, seorang pakar politik pro Kremlin, mencatat bahwa keputusan Putin untuk membatalkan konferensi pers dan kegagalannya sejauh ini untuk menyampaikan pidato kenegaraan mencerminkan keraguannya tentang tindakan di masa depan.

"Haruskah kita terus maju dan mengalahkan musuh?" tulisnya, mencerminkan seruan kelompok garis keras untuk meningkatkan serangan rudal ke Ukraina. "Atau sebaliknya, akankah kita bersiap untuk kompromi yang sulit tetapi perlu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home