Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 13:42 WIB | Rabu, 14 Desember 2022

Konferensi Paris Hasilkan Rp 16,5 Triliun Bantuan untuk Ukraina

Ibu Negara Ukraina, Olena Zelenska (kedua dari kiri), Presiden Prancis, Emmanuel Macron (ketiga dari kiri), Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmyhal (kedua dari kanan) dan Menteri Luar Negeri dan Eropa Prancis, Catherine Colonna (kanan) berpose sebelum konferensi “Solidaritas dengan Rakyat Ukraina”, di Kementerian Luar Negeri Prancis, di Paris, pada hari Selasa, 13 Desember 2022. (Foto: AFP)

PARIS, SATUHARAPAN.COM-Negara-negara yang berkumpul pada konferensi bantuan untuk Ukraina di Paris telah menjanjikan bantuan senilai sekitar satu miliar euro (setara Rp 16,5 triliun) untuk membantu negara yang dilanda perang pada musim dingin ini, kata menteri luar negeri Prancis pada hari Selasa (13/12).

Catherine Colonna mengatakan ini adalah “komitmen baru, berkat diadakannya konferensi ini. Ini adalah bantuan, atau hadiah dalam bentuk barang. Ini bukan pinjaman.”

Dia mengatakan bantuan itu akan “digulirkan pada hari-hari berikutnya dan selama bulan-bulan musim dingin yang akan membantu memperkuat ketahanan infrastruktur sipil.”

Hampir setengah dari bantuan, sekitar 400 juta euro, adalah untuk sektor energi Ukraina yang hancur di bawah gelombang serangan udara Rusia.

"Kita tidak bisa meninggalkan mereka (Ukraina) sendirian menghadapi musim dingin, menghadapi agresor mereka yang berusaha menimbulkan kesulitan pada mereka," katanya dalam konferensi pers.

Colonna juga mengonfirmasi peluncuran platform baru untuk mengoordinasikan bantuan sipil untuk Ukraina, memungkinkan para donor untuk melihat kebutuhan dan janji Ukraina dari negara lain. Apa yang disebut "Mekanisme Paris" baru akan menjadi platform waktu nyata, yang dikelola oleh Komisi Eropa.

“Bagi kami di Ukraina, ini adalah sinyal yang sangat kuat,” kata Perdana Menteri Ukraina, Denys Shmygal kepada wartawan. “Ini menunjukkan bahwa seluruh peradaban dunia mendukung Ukraina,” tambahnya. (AFP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home