Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 19:09 WIB | Selasa, 25 April 2023

Rusia Temukan Drone Jatuh di Hutan Tak Jauh dari Moskow

Serangan drone juga dilaporkan di wilayah Sevastopol di Krimea, wilayah Ukraina yang dianeksasi Rusia tahun 2014.
Tentara Ukraina melambai di atas tank yang lewat di garis depan di Bakhmut, wilayah Donetsk, Ukraina, Minggu, 23 April 2023. (Foto: AP/Libkos)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pihak berwenang yang ditunjuk Rusia di Krimea mengatakan militer menangkis serangan Ukraina di pelabuhan Sevastopol pada hari Senin (24/4), sementara sebuah pesawat tak berawak juga dilaporkan ditemukan di hutan dekat Moskow, serangan yang datang seperti yang diyakini Ukraina sedang bersiap untuk serangan balasan besar.

Kepala kota pelabuhan Sevastopol di Krimea yang ditunjuk Moskow, Mikhail Razvozhayev, mengatakan militer menghancurkan drone laut Ukraina yang berusaha menyerang pelabuhan pada dini hari. Dia mengatakan drone lain meledak tanpa menimbulkan kerusakan.

Serangan itu adalah yang terbaru dari serangkaian percobaan serangan di Sevastopol, pangkalan angkatan laut utama di Krimea yang dianeksasi secara ilegal oleh Rusia pada tahun 2014.

Pihak berwenang Ukraina tidak segera mengomentari serangan hari Senin. Setelah serangan sebelumnya di Sevastopol dan daerah lainnya, pejabat Ukraina berhenti secara terbuka mengklaim tanggung jawab tetapi menekankan hak negara untuk menyerang target apapun dalam menanggapi agresi Rusia.

Laporan berita Rusia juga mengklaim pada hari Senin bahwa pesawat tak berawak Ukraina ditemukan di hutan sekitar 30 kilometer (sekitar 19 mil) timur ibu kota Rusia.

Meskipun tidak meledak, insiden itu sekali lagi menggarisbawahi kemampuan Ukraina untuk menjangkau jauh ke dalam Rusia, karena militer Ukraina diperkirakan sedang mempersiapkan serangan balasan musim semi untuk merebut kembali wilayah yang diduduki.

Pengamat percaya bahwa target serangan balasan yang paling mungkin adalah bagian selatan wilayah Kherson dan Zaporizhzhia yang dikuasai Rusia. Jika dorongan itu berhasil, itu akan memungkinkan Ukraina memotong koridor darat antara Rusia dan Krimea.

Dalam apa yang dapat menjadi persiapan untuk langkah seperti itu, pasukan Ukraina baru-baru ini membangun pijakan di dekat kota Oleshky di tepi timur Sungai Dnieper, menurut Institute for the Study of War, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington.

Ukraina baru-baru ini menerima senjata canggih dari sekutu Baratnya, dan pasukan yang baru dilatih di Barat, sehingga meningkatkan antisipasi serangan.

Rudal Patriot buatan Amerika tiba di Ukraina pekan lalu dan juru bicara militer Yuriy Ihnat mengatakan pada hari Minggu (23/4) di televisi Ukraina bahwa beberapa telah digunakan.

Pasukan Rusia, sementara itu, melanjutkan upaya hampir sembilan bulan mereka untuk merebut benteng Ukraina di kota Bakhmut di wilayah timur Donetsk.

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, menekankan pentingnya membela Bakhmut dalam wawancara bulan lalu dengan The Associated Press, mengatakan bahwa kejatuhannya dapat memungkinkan Rusia menggalang dukungan internasional untuk kesepakatan yang mungkin mengharuskan Kiev membuat kompromi yang tidak dapat diterima.

Ukraina dan Rusia sama-sama menggambarkan pertempuran untuk Bakhmut, pertempuran terpanjang dalam perang, sebagai kunci untuk melelahkan pasukan musuh dan mencegah mereka menekan serangan di tempat lain di sepanjang garis depan 1.000 kilometer (620 mil).

Pada hari Senin, Yevgeny Prigozhin, jutawan pemilik tentara bayaran Grup Wagner yang telah mempelopori serangan Rusia di Bakhmut, mengklaim bahwa pasukan Ukraina telah didorong ke bagian barat kota seluas dua kilometer persegi (kurang dari satu mil persegi). Klaimnya tidak dapat diverifikasi secara independen.

“Tugas kami adalah menghancurkan tentara Ukraina dan mencegahnya melakukan serangan balasan,” kata Prigozhin.

Serangan Drone ke Wilayah Rusia

Blogger militer Rusia berspekulasi bahwa serangan balasan Ukraina dapat disertai dengan serangkaian serangan pesawat tak berawak di wilayah yang luas.

Media Rusia mengidentifikasi drone yang jatuh di dekat Moskow sebagai UJ-22 Airborne buatan Ukraina. Mereka mengatakan itu ditemukan hari Minggu oleh penduduk setempat. Laporan tersebut menuduh bahwa drone jatuh setelah kehabisan bahan bakar atau menabrak pohon. Mereka mengatakan itu membawa 17 kilogram (37 pon) bahan peledak.

UJ-22 adalah drone pengintai kecil yang dapat membawa sekitar 20 kilogram (44 pon) bahan peledak dan memiliki jangkauan penerbangan otonom hingga 800 kilometer (sekitar 500 mil).

Bulan lalu, drone lain yang diduga pihak berwenang juga berasal dari Ukraina ditemukan di Shchelkovo, sekitar 15 kilometer timur laut Moskow, meskipun tidak membawa bahan peledak.

Juga pada bulan Maret, sebuah drone bertenaga jet Tu-141 Strizh Ukraina yang berat meledak di kota Kireyevsk di wilayah Tula sekitar 200 kilometer timur Moskow, melukai tiga orang, meninggalkan kawah besar dan merusak beberapa bangunan. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan drone itu dijatuhkan oleh pertahanan udara.

Pihak berwenang Rusia mengatakan bahwa Ukraina telah menggunakan drone Tu-141 buatan Uni Soviet yang memiliki jangkauan sekitar 1.000 kilometer untuk menyerang fasilitas di Rusia. Pada bulan Desember, drone semacam itu menghantam dua pangkalan udara Rusia untuk pengebom berkemampuan nuklir jarak jauh.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pesawat tak berawak itu ditembak jatuh, tetapi diakui melaporkan bahwa puing-puing merusak beberapa pesawat dan menewaskan beberapa prajurit.

Pada bulan Februari, pihak berwenang juga melaporkan bahwa sebuah drone Ukraina ditemukan di hutan dekat Gubastovo di wilayah Kolomna, sekitar 80 kilometer tenggara Moskow. Pesawat tak berawak itu jatuh di dekat fasilitas pemompaan gas alam utama, sasarannya yang jelas.

Drone lain meledak pada Februari di hutan dekat Kaluga, sekitar 150 kilometer tenggara Moskow, tidak melukai siapa pun.

Kantor kepresidenan Ukraina mengatakan pada hari Senin (24/4) bahwa setidaknya empat warga sipil tewas dan 13 lainnya terluka oleh serangan terbaru Rusia selama 24 jam sebelumnya. Dua orang tewas di Bakhmut dan dua lainnya di selatan kota Kherson. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home