Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 10:32 WIB | Selasa, 11 April 2023

Ukraina Pertimbangkan Kembali Serangan Balasan Setelah Kebocoran Informasi AS

Prajurit Ukraina menembakkan meriam anti-pesawat dari kendaraan militer, saat serangan Rusia ke Ukraina berlanjut, di dekat garis depan kota Bakhmut, Ukraina 7 April 2023. (Foto: dok.Reuters)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Rusia menekan dengan serangan di kota-kota garis depan di Ukraina timur pada hari Senin (10/4) , sementara pejabat Ukraina mengecilkan laporan bahwa Kiev mengubah beberapa rencana serangan balasan karena kebocoran dokumen rahasia Amerika Serikat.

Rusia menggempur posisi Ukraina di sekitar Bakhmut yang terkepung di wilayah Donetsk timur dan kota-kota lain dengan serangan udara dan serangan artileri, kata Kiev.

“Musuh beralih ke apa yang disebut taktik bumi hangus seperti di Suriah. Itu menghancurkan bangunan dan posisi dengan serangan udara dan tembakan artileri,” kata Kolonel Jenderal Oleksandr Syrskyi, komandan pasukan darat Ukraina, tentang Bakhmut.

Kota kecil di tepi wilayah yang dikuasai Rusia di Donetsk selama berbulan-bulan telah menjadi medan perang terbesar, sekarang di tahun kedua.

Kepala bagian Donetsk yang dikuasai Moskow, Denis Pushilin, mengatakan pasukan Rusia sekarang menguasai 75 persen kota. Militer Moskow juga menargetkan kota Avdiivka.

“Rusia telah mengubah Avdiivka menjadi kehancuran total,” kata Pavlo Kyrylenko, gubernur regional Donetsk, menggambarkan serangan udara pada hari Senin yang menghancurkan gedung bertingkat.

“Secara total, sekitar 1.800 orang tetap berada di Avdiivka, yang semuanya mempertaruhkan nyawa mereka setiap hari.”

Saat pertempuran berlangsung, media AS, CNN melaporkan bahwa Ukraina telah dipaksa untuk mengubah beberapa rencana militer menjelang serangan balasan yang telah lama diantisipasi karena bocornya dokumen AS.

Para pejabat AS berusaha menelusuri sumber bocoran puluhan dokumen rahasia tersebut. Mereka merinci berbagai topik, termasuk informasi tentang konflik Ukraina, di mana AS telah memasok senjata ke Kiev dalam jumlah besar dan memimpin kecaman internasional atas invasi Moskow.

Ditanya tentang laporan tersebut, pembantu presiden Ukraina, Mykhailo Podolyak, mengatakan rencana strategis Kiev tetap tidak berubah tetapi taktik khusus selalu dapat berubah.

Sekretaris Dewan Keamanan dan Pertahanan Nasional, Oleksiy Danilov, mengatakan kepada Reuters: "Pendapat orang-orang yang tidak ada hubungannya dengan ini tidak menarik bagi kami... Lingkaran orang yang memiliki informasi sangat terbatas."

Beberapa pakar keamanan nasional dan pejabat AS mengatakan mereka menduga pembocor itu mungkin orang Amerika, tetapi mereka tidak mengesampingkan aktor pro Rusia.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, menolak mengomentari kebocoran tersebut, tetapi menambahkan: “Faktanya ada kecenderungan untuk selalu menyalahkan segalanya pada Rusia. Ini, secara umum, adalah penyakit.”

Pertempuran di Front Timur

Serangan balik Ukraina telah lama diharapkan setelah berbulan-bulan perang gesekan di timur. Serangan musim dingin Rusia yang gagal membuat banyak kemajuan dan pasukannya telah terjebak dalam serangkaian pertempuran di mana setiap kemajuan bersifat bertahap dan harus dibayar mahal.

Pembela Ukraina juga memakan banyak korban. Syrskyi mengatakan Moskow mengirim pasukan khusus dan unit lintas udara untuk membantu serangan mereka terhadap Bakhmut karena anggota kelompok tentara bayaran Rusia Wagner kelelahan.

Tentara bayaran Wagner telah mempelopori serangan terhadap Bakhmut yang sebagian besar telah membuatnya hancur. Reuters tidak dapat memverifikasi akun medan perang.

Staf umum Ukraina mengatakan pasukan Rusia telah gagal membuat kemajuan di daerah barat Bakhmut dan setidaknya 10 kota dan desa telah diserang Rusia.

Donetsk adalah salah satu dari empat provinsi di timur dan selatan Ukraina yang dinyatakan dianeksasi Rusia tahun lalu dan berusaha untuk menduduki sepenuhnya apa yang tampaknya merupakan pergeseran dalam tujuan perangnya setelah gagal menyerbu negara itu setelah invasi Februari 2022.

Kontrol Bakhmut dapat memungkinkan Rusia untuk secara langsung menargetkan garis pertahanan Ukraina di Chasiv Yar di timur dan membuka jalan bagi pasukannya untuk maju ke dua kota besar di wilayah Donetsk: Kramatorsk dan Sloviansk.

Sementara Ukraina mengatakan ingin menimbulkan korban sebanyak mungkin pada pasukan Rusia karena mempersiapkan serangan balasannya sendiri, Presiden Volodymyr Zelenskiy pekan lalu mengakui bahwa jika pasukan berisiko dikepung, mereka dapat ditarik kembali.

Analis militer Ukraina, Oleh Zhdanov, mengatakan pasukan Rusia menguasai pusat Bakhmut, dengan sebagian besar serangan mereka sekarang berfokus pada stasiun kereta api. “Ada pertempuran sengit di pusat kota dan musuh secara bertahap bergerak menuju pinggiran barat,” kata Zhdanov.

Dalam tindakan lain, kementerian pertahanan Rusia mengatakan pasukannya menghancurkan depot dengan 70.000 ton bahan bakar di dekat Zaporizhzhia. Mereka menghancurkan gudang tentara Ukraina yang menyimpan rudal, amunisi, dan artileri di wilayah Zaporizhzhia dan Donetsk, kata kementerian itu.

Ukraina juga melaporkan penembakan Rusia yang meluas di wilayah utara. Pejabat di selatan mengatakan Rusia telah menggunakan bom terpandu terhadap kota-kota di wilayah Kherson. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home