Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 20:47 WIB | Sabtu, 16 September 2023

Ukraina Rebut Kembali Desa Dekat Bakhmut dari Pendudukan Rusia

Foto diambil dari drone pada Rabu (6/9) menunjukkan rumah-rumah di Andriivka, di Provinsi Donetsk, yang hancur selama pertempuran Ukraina melawan pasukan pendudukan Rusia. (Foto: dok. AP/Evgeniy Maloletka)

KIEV, SATUHARAPAN.COM-Pasukan Ukraina telah merebut kembali sebuah desa di timur negara itu setelah pertempuran sengit dengan pasukan Rusia, kata militer pada hari Jumat (15/9) ketika negara yang diserbu itu melancarkan serangan balasan multi cabang.

Desa Andriivka terletak sekitar 10 kilometer di selatan kota Bakhmut yang diduduki Rusia, tempat pertempuran terpanjang dalam perang Rusia melawan Ukraina. Pembebasan wilayah tersebut akan mewakili keuntungan lain bagi Kiev dalam serangan Ukraina untuk mengusir pasukan Moskow dari wilayah yang mereka rebut.

Staf Umum angkatan bersenjata Ukraina mengumumkan reklamasi Andriivka pada hari Jumat pagi. Belum ada konfirmasi atau komentar dari otoritas Rusia.

Pasukan Ukraina melancarkan serangan balasan yang sangat dinantikan lebih dari tiga bulan lalu. Kemenangan yang dilaporkan di desa di Provinsi Donetsk menggambarkan kemajuan dan tantangan yang mereka hadapi bahkan dengan pasokan perlengkapan standar NATO dan senjata Barat.

Mendekati cuaca basah di musim dingin kemungkinan akan memperlambat kemajuan Ukraina. Sementara Presiden Volodymyr Zelenskyy diperkirakan akan mengunjungi Washington pekan depan ketika Kongres memperdebatkan apakah akan menyetujui lebih banyak bantuan untuk Ukraina.

Brigade Penyerang ke-3 mengatakan mereka merebut Andriivka setelah mengepung garnisun Rusia di desa tersebut selama apa yang mereka gambarkan sebagai “operasi kilat” dan menghancurkannya selama dua hari. Mereka menyebut keberhasilan tindakan tersebut sebagai terobosan di sisi selatan Bakhmut dan “kunci keberhasilan ke segala arah.”

Brigade tersebut awalnya menentang pernyataan Wakil Menteri Pertahanan Ukraina, Hanna Maliar, yang mengatakan bahwa desa tersebut telah direklamasi namun pada Jumat pagi dikonfirmasi bahwa mereka telah merebut kembali Andriivka.

“Itu sulit dan situasi kemarin beberapa kali berubah sangat dinamis,” kata Maliar.

Maliar mengatakan Ukraina telah merebut kembali wilayah seluas 50 kilometer persegi (19 mil persegi) di sekitar Bakhmut sejak dimulainya serangan balasan pada bulan Juni.

Perjuangan selama delapan bulan untuk menguasai Bakhmut, sebuah kota yang terkenal dengan penambangan garamnya kini hancur total, merupakan pertempuran terpanjang dan mungkin paling berdarah dalam perang di Ukraina. Pasukan Rusia yang dipimpin oleh tentara bayaran dari Grup Wagner merebut Bakhmut pada bulan Mei.

Pada akhir Juni, pemimpin Wagner, Yevgeny Prigozhin, memimpin para pejuangnya dari Ukraina timur ke Rusia sebagai bagian dari pemberontakan singkat yang merupakan tantangan terbesar bagi pemerintahan Presiden Vladimir Putin selama lebih dari dua dekade. Prigozhin dan beberapa letnan utamanya tewas dalam kecelakaan pesawat yang mencurigakan saat melakukan perjalanan antara Moskow dan Sankt Peterburg bulan lalu.

Pasukan Ukraina berusaha mengepung Bakhmut dari selatan dan utara dan telah menguasai wilayah meter demi meter (halaman demi halaman) dalam tiga bulan terakhir. Analis militer dan pejabat Amerika Serikat mempertanyakan pengeluaran pasukan di sekitar kota tersebut, namun para pemimpin militer Ukraina mengatakan mereka berhasil menguras tenaga pasukan Rusia dengan mempertahankan posisi mereka.

Andriivka terletak di antara permukiman Kurdiumivka dan dataran tinggi Klischiivka di wilayah Donetsk, tempat pertempuran berlangsung sangat sengit. Staf Umum Ukraina mengatakan pasukan Ukraina juga menimbulkan kerugian besar pada pasukan Rusia di desa terdekat Klishchiivka sebagai bagian dari serangan balasan.

Perebutan kembali Andriivka terjadi beberapa minggu setelah kemenangan taktis penting bagi pasukan Ukraina di wilayah selatan Zaporizhzhia, di mana mereka menembus garis pertahanan pertama Rusia dan merebut kembali desa Robotyne.

Kemajuan di wilayah selatan dianggap lebih signifikan secara strategis karena hal ini membawa pasukan Ukraina lebih dekat ke tepi Laut Azov, di mana mereka dapat mencoba memotong koridor darat ke Semenanjung Krimea, yang direbut Rusia dari Ukraina pada tahun 2014. Mengisolasi Krimea akan berarti membagi wilayah yang diduduki Rusia di Ukraina selatan dan melemahkan jalur pasokan Rusia.

Dalam pertempuran di selatan, satu orang tewas dan enam lainnya luka-luka dalam penembakan di wilayah Kherson, kata kantor kepresidenan Ukraina pada Jumat. Ia juga melaporkan serangan udara di kota Orikhiv di wilayah Zaporishzhia.

Pada hari yang sama, Putin juga mengatakan bahwa sekitar 300.000 warga Rusia telah menandatangani kontrak militer sukarela tahun ini, dan menyatakan bahwa hal tersebut didorong oleh “motif patriotik yang tinggi.” (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home