Loading...
SAINS
Penulis: Melki 12:59 WIB | Jumat, 01 September 2023

Ulasan Kelebihan dan Kekurangan Ponsel Samsung A20S

HO

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Samsung Galaxy A20s merupakan versi upgrade dari Samsung Galaxy A20. Keduanya diluncurkan dalam waktu yang tidak terlalu jauh berbeda, bahkan tidak lebih dari satu tahun. Persaingan di kelas mid level membuat Samsung turut ambil bagian dan menurunkan produk yang lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Saat dirilis pada September 2019 lalu, Samsung A20s ditawarkan dengan harga yang lumayan terjangkau. Dengan spesifikasi yang mengalami perubahan signifikan, tidak heran jika ponsel ini diminati oleh cukup banyak orang. Nah, apa saja hal yang membuat Galaxy A20s layak mendapat perhatian? Berikut ulasannya!

1. Desain Ponsel yang Minimalis

Bukan hanya spesifikasi di bagian dalamnya, desain atau tampilan ponsel juga penting bagi pengguna. Galaxy A20s sendiri hadir dengan desain yang sederhana dan minimalis. Meski begitu, Anda tidak akan mendapat kesan murahan dari tampilan ponsel ini.

Bagian penutup bodi luar ponsel menggunakan material polikarbonat. Bagian belakang ponsel menggunakan finishing kaca yang solid dengan warna tunggal yang elegan. Kelemahannya adalah ponsel mudah terkena noda sehingga tampak kotor. Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan soft case tambahan. 

Galaxy A20s juga unggul dari segi desain yang terasa nyaman saat digenggam. Tombol powernya berada di sisi kanan, sedangkan slot untuk microSD dan kartu SIM bisa ditemukan di bagian kiri. Layarnya didesain dengan model Infinity V. 

2. Display yang Besar dan Memuaskan

Anda akan dimanjakan dengan kehadiran display yang besar sehingga lebih banyak detail yang terlihat dari ponsel. Display A20s bisa dibilang lebih besar dibandingkan versi sebelumnya yaitu A20. Ponsel ini memiliki ukuran layar 6,5 inci dengan rasio layar dan bodi ponsel 81,9 persen. Layar Galaxy A20s menggunakan teknologi IPS LCD.

3. Didukung oleh Triple Camera

Salah satu keunggulan Galaxy A20s dibandingkan versi sebelumnya adalah fitur kamera yang telah ditingkatkan. Ponsel terbaru ini memiliki tiga kamera yang terletak di bagian belakang. Masing-masing kamera tersebut adalah wide camera 13 MP, ultrawide camera 8 MP, dan depth sensor camera 5 MP. 

Kehadiran lensa depth sensor menjadi kelebihan utama fitur kamera Galaxy A20s. Dengan fitur tersebut, Anda dapat memotret subjek dengan live focus atau menghasilkan efek bokeh. Efek ini banyak digunakan untuk menonjolkan salah satu objek yang difoto dan memburamkan bagian latar belakang. Hasilnya pun lebih estetik. 

Bukan hanya itu, Anda juga akan semakin puas dengan keberadaan kamera depan. Kamera yang terletak di atas layar ini biasanya digunakan untuk kebutuhan foto selfie. Dengan kamera resolusi 8 MP, hasil foto Anda dijamin lebih tajam dan jernih. 

4. Performa yang Mumpuni

Dapur pacu Galaxy A20s dilengkapi dengan chipset Qualcomm Snapdragon 450. Chipset yang satu ini tidak kalah mumpuni dengan chipset buatan Samsung sendiri yaitu Exynos 7884. Karena itu, meskipun Galaxy A20s dan Galaxy A20 menggunakan chipset yang berbeda, performanya bisa dibilang cukup setara. 

Selain itu, dapur pacu Galaxy A20s juga menggunakan RAM dan ROM yang besar. Tersedia versi RAM 3GB dengan memori internal 32GB untuk kebutuhan penyimpanan data dan aplikasi. Untuk tambahan penyimpanan, Anda bisa memasukkan microSD sebesar 512 GB. Dengan spesifikasi tersebut, Galaxy A20s masih nyaman digunakan untuk kegiatan sehari-hari termasuk bermain game

5. Baterai yang Tahan Lama

Baterai pada ponsel ini hanya berkapasitas 4000 mAh. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ponsel tetap tahan digunakan seharian dalam penggunaan yang wajar. Untuk mengakses media sosial hingga menggunakan aplikasi yang bersifat ringan, ponsel ini tidak akan mudah kehabisan daya. 

Kelebihan lain dari Galaxy A20s adalah fitur fast charging 15W. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang waktu terlalu lama untuk mengisi daya ponsel. Aktivitas pun tidak tertunda lebih lama karena ponsel segera bisa digunakan kembali. 

6. Fitur-Fitur yang Tersedia

Selain sejumlah fitur dasar yang disematkan pada Galaxy A20s, ada beberapa fitur lain yang juga tidak kalah menarik. Salah satu di antaranya adalah fitur pengenalan wajah atau face unlock. Anda juga bisa memanfaatkan fitur pemindai sidik jari atau fingerprint untuk keamanan yang optimal. 

Fitur keamanan seperti pola juga bisa dikombinasikan dengan fitur pengamanan lainnya. Meski pemindai sidik jari terdapat di bagian belakang, hal ini tidak akan terlalu mengganggu kenyamanan Anda dalam menggunakan ponsel. Sementara itu, fitur pengenalan wajah terdapat di kamera depan. 

Fitur lain yang tidak bisa diabaikan adalah WiFi dan Bluetooth. Selain itu, ada fitur On-The-Go yaitu terhubung ke perangkat berbeda seperti laptop untuk mengisi daya atau sharing data. Dengan fitur konektivitas ini, Anda dapat memanfaatkan ponsel secara optimal. 

Dari berbagai fitur yang tersedia pada Galaxy A20s, mana di antaranya yang menurut Anda paling berguna dan bermanfaat? Kelebihan Galaxy A20s masih ditambah dengan harganya yang terbilang standar untuk ponsel pada kelas yang sama. 

Nah, Anda sendiri yang dapat memutuskan apakah Galaxy A20s memang layak dibeli dengan spesifikasi yang baru saja dibahas.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home