Loading...
RELIGI
Penulis: Sotyati 07:54 WIB | Kamis, 23 April 2015

Uskup AS Mundur, Tak Laporkan Kasus Pelecehan

Uskup Robert Finn. (Foto: CNS/Catholic Key/Kevin Kelly)

VATIKAN, SATUHARAPAN.COM - Vatikan menyatakan Paus Fransiskus telah menerima pengunduran diri uskup Amerika yang divonis bersalah karena tidak melaporkan seorang pastor yang mengumpulkan gambar-gambar seronok anak-anak di bawah umur.

Uskup Robert W Finn (62), seperti dikutip dari voaindonesia.com, mundur sebagai pemimpin Gereja Katolik Kansas City, St Joseph, Missouri.

Uskup Finn adalah pejabat tertinggi gereja Katolik di Amerika yang divonis bersalah sehubungan kasus pelecehan seksual terhadap anak yang melibatkan anggota pengurus gereja. Situs ncronline.org melaporkan Vatikan tidak secara spesifik mengungkapkan alasan pengunduran diri Finn, tetapi Paus Fransiskus menerima pengunduran diri itu berdasarkan UU gereja Katolik.

Jaksa mengatakan Uskup Finn tidak memberitahu polisi selama enam bulan setelah foto-foto porno gadis-gadis muda ditemukan di komputer Pastor Shawn Ratigan pada 2011.

Uskup Finn, seperti dilaporkan cnn.com, divonis bersalah pada 2012 karena tidak melaporkan dugaan pelecehan terhadap anak-anak itu, dan dihukum percobaan dua tahun, namun tetap mempertahankan jabatannya.

Uskup Finn menyatakan penyesalannya atas segala luka hati yang ditimbulkan kasus itu.

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home