Loading...
DUNIA
Penulis: Bayu Probo 16:48 WIB | Sabtu, 14 September 2013

Utusan Gabungan PBB-Liga Arab: Pembicaraan AS-Rusia tentang Suriah, Sangat Penting

Utusan Khusus untuk Suriah, Lakhdar Brahimi (tengah), Menteri Luar Negeri AS John Kerry (kiri) and Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov mengadakan konferensi pers bersamadi Jenewa. (Foto: Jean-Marc Ferreé)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM – Untuk lebih menekankan usahanya mengamankan solusi diplomatik demi mengakhiri, lebih dari dua tahun pertumpahan darah, di Suriah, Utusan Gabungan PBB-Liga Arab, Lakhdar Brahimi menjadi tuan rumah pertemuan antara para pejabat senior Rusia dan Amerika Serikat, di Jenewa (13/9). Pertemuan ini untuk merancang bagian politik.

Pada konferensi pers yang diadakan di Markas Besar PBB di Jenewa setelah pertemuan, Brahimi berbicara bersama Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat, John Kerry. Kedua menteri telah bertemu di Jenewa sejak Kamis membahas proposal Rusia untuk Suriah untuk menempatkan senjata kimia di bawah pengawasan internasional.

“Pekerjaan yang Anda lakukan adalah sangat penting dalam dirinya sendiri [...] tetapi juga penting bagi mereka yang bekerja dengan Anda untuk membawa konferensi Jenewa berhasil,” kata Brahimi kepada pers, mengacu pada konferensi perdamaian internasional lama yang diusulkan pada Suriah umum disebut sebagai “Jenewa II”.

Lakhdar Brahimi telah bekerja keras pada front diplomatik untuk membawa konferensi ini membuahkan hasil, termasuk dalam diskusi pekan lalu pada KTT G20 di St Petersburg. Tujuan konferensi Jenewa kedua akan menjadi untuk mencapai solusi politik bagi konflik melalui perjanjian komprehensif antara Pemerintah Suriah dan oposisi untuk implementasi penuh dari komunike Jenewa, yang diadopsi setelah pertemuan internasional pertama mengenai masalah ini pada 30 Juni 2012.

Dalam komentarnya, John Kerry mengucapkan terima kasih kepada PBB dan Brahimi untuk menyelenggarakan diskusi tentang Jenewa II. Diskusi tersebut produktif dan tepat waktu, karena ia dan Lavrov bertemu atas inisiatif Rusia baru-baru ini untuk “mengontrol, menghapus, dan menghancurkan senjata kimia di Suriah dan kami akan berdua sepakat bahwa kita memiliki percakapan yang konstruktif.”

“Presiden Obama sangat berkomitmen untuk solusi yang dirundingkan dan kita tahu bahwa Rusia juga. Kami bekerja keras untuk menemukan kesamaan untuk membuat itu terjadi. Kami berdua setuju untuk melakukan pekerjaan yang diperlukan untuk mewujudkannya,” kata John Kerry. Ia mengumumkan bahwa ia dan Lavrov rencananya akan bertemu di New York selama debat umum Majelis Umum PBB, yang akan dibuka pada 24 September.

Walaupun kedua pemimpin akan lebih mempertimbangkan masalah, termasuk kemungkinan menetap pada tanggal konferensi Jenewa II, jalan ke depan “akan tergantung pada pencapaian kesuksesan di jam dan hari berikutnya” terhadap pertanyaan tentang senjata kimia Suriah, kata Kerry.

“Kami berdua, Sergei Lavrov dan saya, negara kami, Presiden kami, sangat prihatin mengenai jumlah korban jiwa dan kehancuran dan aksi di semua sisi yang menciptakan lebih banyak pengungsi, dan lebih banyak bencana kemanusiaan,” katanya. Ia menambahkan bahwa kedua Pemerintah telah berkomitmen untuk bekerja sama.

Pada giliran berikutnya, Lavrov mengatakan bahwa sekarang bahwa Suriah telah menandatangani dekrit legislatif untuk menyediakan akses Suriah terhadap Konvensi tentang Pelarangan Pengembangan, Produksi, Penimbunan, dan Penggunaan Senjata Kimia serta pemusnahannya, “Kami harus melibatkan profesional kami [... ] dan PBB untuk merancang jalan sehingga masalah teratasi dengan cepat, profesional sesegera mungkin.

“Kami sangat senang bahwa Utusan PBB-Liga Arab telah mengundang kami untuk mendiskusikan tujuan jangka panjang untuk Suriah, yaitu persiapan yang disebut konferensi Jenewa II. Dari awal konflik Suriah, Rusia dan Presiden Rusia telah mempromosikan resolusi damai,” katanya.

Lavrov mencatat bahwa Rusia telah mengusulkan konferensi segera setelah komunike Jenewa disetujui dan ditandatangani “oleh hampir semua pemain utama, termasuk PBB, negara-negara di kawasan tersebut dan P-5 [anggota tetap Dewan Keamanan].”

“Hal ini sangat disayangkan bahwa untuk waktu yang lama komunike pada dasarnya ditinggalkan dan kami tidak mampu memiliki dukungan dari Dewan Keamanan atas dokumen yang sangat penting ini,” katanya. Ia berterima kasih kepada Menteri Luar Negeri AS, John Kerry atas usahanya untuk kembali memberdayakan komunike dan bekerja sama dengan Rusia terhadap pelaksanaannya termasuk melalui penyelenggaraan konferensi baru di Jenewa. Dia berterima kasih atas diskusi dengan Brahimi.

Sementara itu, Presiden Dewan Hak Asasi Manusia PBB, yang saat ini dalam sidang di Jenewa, mengeluarkan surat untuk Lavrov dan Kerry mengarahkan perhatian mereka pada kerja komisi penyelidikan internasional yang independen terhadap Suriah, yang didirikan Dewan Keamanan pada 2011.

Presiden Dewan, Remigiusz Henczel—Duta Besar Polandia—menekankan bahwa komisi belum diberikan akses ke Suriah, meskipun sudah meminta Damaskus supaya memungkinkan para ahli untuk memasuki negara itu. Presiden Dewan menyarankan agar Rusia dan para pejabat AS untuk membahas masalah ini selama pertemuan mereka di Jenewa ke depan.

Komisi mempresentasikan laporan terbaru ke Dewan Hak Asasi Manusia, Senin (8/9), bahwa telah terjadi insiden pembunuhan, pemerkosaan, penyiksaan, serangan meluas terhadap warga sipil, dan penyanderaan yang dilakukan oleh pasukan Suriah dan kelompok bersenjata anti-pemerintah. Dikatakan bahwa “para pelaku pelanggaran dan kejahatan ini, dari kedua belah pihak, telah bertindak melanggar hukum internasional. Mereka tidak takut terhadap akibatnya.”

Panel—yang menggambarkan Suriah hari ini sebagai “medan pembantaian dan tak terhitung orang Suriah telah hilang”—melaporkan bahwa Pemerintah dan pasukan pro-pemerintah di Suriah terus melakukan serangan luas terhadap penduduk sipil, melakukan pembunuhan, penyiksaan, pemerkosaan, dan penghilangan paksa sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan. Panel menekankan bahwa tidak ada solusi militer terhadap konflik. (un.org)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home