Loading...
INDONESIA
Penulis: Bayu Probo 17:19 WIB | Senin, 05 Mei 2014

Utut Adianto Wakili Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga

Utut Adianto Wakili Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga
Utut Adianto membuka Turnamen JAPFA Chess International IX di Senayan, Senin (21/4). (Foto: Prasasta)
Utut Adianto Wakili Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga
Rekapitulasi KPU. (Sumber: KPU)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Selain mantan pecatur Grand Master Catur ini yang diutus PDIP ini kemungkinan besar wakil daerah pemilihan Jawa Tengah VII ada Amelia Anggraeni (NasDem), Taufiq R Abdullah (PKB), Bambang Soesatyo (Golkar), Darori Wonodipuro (Gerindra), Taufik Kurniawan (PAN), dan Muchammad Romahurmuzy (PPP).

Partai yang kehilangan kursi di Kebumen, Banjarnegara, dan Purbalingga adalah PDIP, Demokrat, dan PKS, masing-masing satu kursi. PDIP tinggal punya satu wakil, dua partai lain tak punya wakil. Dari tujuh anggota DPR periode 2009-2014, empat orang kembali menduduki kursinya: Taufiq, Bambang, Utut Adianto, dan Romy.

Mereka yang tidak lagi jadi anggota legislatif adalah Ganjar Pranowo (PDIP) kini jadi Gubernur Jawa Tengah. Ida Riyanti merupakan anggota DPR dari Partai Demokrat-yang baru dilantik pada Mei 2013. Ida menjadi anggota DPR PAW (pergantian antarwaktu) menggantikan Sudewa yang mundur dari Senayan dan mencalonkan diri menjadi caleg Gerindra pada dapil Jateng VII.

Selain di DPR, Ida ternyata masuk dalam struktur kepengurusan DPP Partai Demokrat periode 2013-2015. Dia menjabat sebagai Sekretaris Departemen Perlindungan Hak-Hak Perempuan dan KDRT. Namun, pada periode ini Demokrat tidak mendapat kursi dari dapil Jateng VII.

Sugihono Karyosuwondo, pengusaha di bidang perminyakan yang mewakili PKS juga harus “terpental” dari kursinya karena PKS tidak cukup suara di dapil Jateng VII.

NasDem, PKB, dan Gerindra Masuk

Pada periode 2014-2019, ada tiga wakil rakyat yang baru. Amelia Anggraini kelahiran  Bengkulu, 29 Agustus 1971 ini bersuamikan Sugeng Suparwoto (Ketua NasDem), dan dikaruniai 4 orang anak. Berkarier lama di bidang perhotelan, istri redaktur media yang dimiliki Surya Paloh ini sering jadi finalis lomba kecantikan.

Taufiq R Abdullah adalah Wakil Sekretaris Jenderal PBNU (1999 – 2004 dan 2004 – 2010). Istrinya adalah Ida Fauziyah (Ketua Umum PP Fatayat NU). Ida juga menjadi anggota DPR dapil Jatim VIII dari PKB. Taufiq dalam keseharian pengusaha advertising terutama below the line, Berlian Visitama Advertising.

Darori Wonodipuro, ketua Ikatan Sarjana NU, adalah Direktur Jenderal Perlindungan Hutan dan Koservasi Alam (Dirjen PHKA), Kementerian Kehutanan. Ketua Alumni Fakultas Kehutanan UGM ini justru mundur dari jabatannya dan memilih menjadi anggota legislatif di Partai Gerindra yang ketua umumnya adalah satu almamater dengannya Kehutanan UGM.

Darori sempat mendapat pemberitaan tidak sedap terkait kampanye dengan membagi-bagikan uang. Seperti dilansir banyumasnews.com, Darori Wonodipuro secara terbuka membagikan uang dalam kampanye yang berlangsung di Purbalingga, Rabu (02/04) siang. Di panggung tersebut, satu persatu caleg ini membagikan uang antara 50 hingga 100 ribu.

Selain itu, kampanye yang dikemas dengan lomba jalan sehat, secara jelas caleg ini juga memberikan hadiah berupa mesin cuci, TV, sepeda dan sejumlah barang elektronik lainnya.

Data tentang wakil rakyat yang terpilih dan terpental diperoleh dari website KPU yang diakses pada Senin (5/5).


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home