Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 14:33 WIB | Rabu, 13 Maret 2024

Vatikan: Agresi Rusia Harus Diakhiri untuk Memungkinkan Perdamaian di Ukraina

Kardinal Pietro Parolin menghadiri misa Rabu Abu di Basilika Santa Sabina di Roma, Italia, pada 14 Februari 2024. (Foto: dok. Reuters)

VATICAN CITY, SATUHARAPAN.COM-Syarat pertama bagi setiap perundingan untuk mengakhiri perang di Ukraina adalah Rusia harus menghentikan agresinya, kata orang kedua setelah Paus Fransiskus dalam sebuah wawancara surat kabar pada hari Selasa (12/3).

Kementerian luar negeri Ukraina memanggil duta besar kepausan pada hari Senin (11/3) untuk menyatakan “kekecewaan” atas komentar Paus Fransiskus sebelumnya bahwa Ukraina harus “menunjukkan keberanian bendera putih” dan membuka pembicaraan dengan Rusia untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung selama dua tahun.

Kardinal Pietro Parolin, Menteri Luar Negeri Vatikan, mengatakan kepada harian Corriere della Sera pada hari Selasa (12/3) bahwa Vatikan mendesak dilakukannya gencatan senjata dan “pertama-tama, pihak agresorlah yang harus berhenti menembak.”

Komentar Paus Fransiskus, yang merupakan bagian dari wawancara yang direkam bulan lalu tetapi baru dipublikasikan pada hari Sabtu (9/3), memicu reaksi yang sangat berbeda dari NATO dan Moskow.

Kremlin mengatakan seruan Paus untuk mengakhiri perang “cukup dapat dimengerti”, namun pemimpin aliansi militer Barat mengatakan sekarang bukan waktunya untuk berbicara tentang “menyerah.”

Mencoba meredakan situasi dan memperjelas pernyataan Paus Fransiskus, Parolin mengatakan Paus ingin “menciptakan kondisi bagi solusi diplomatik dalam mencari perdamaian yang adil dan abadi.”

Untuk melakukan hal ini, Parolin mengatakan “jelas” bahwa kedua belah pihak harus datang ke meja perundingan dan syarat pertama harus “mengakhiri agresi.”

Menjelaskan bahwa ia menganggap Rusia sebagai agresor, Parolin mengatakan “perang yang dilancarkan terhadap Ukraina bukanlah akibat bencana alam,” namun akibat pilihan manusia.

“Kehendak manusia yang menyebabkan tragedi ini juga memiliki kemungkinan dan tanggung jawab untuk mengambil langkah-langkah untuk mengakhirinya dan membuka jalan menuju solusi diplomatik,” katanya seperti dikutip surat kabar tersebut.

Kementerian Luar Negeri Ukraina memanggil duta besar kepausan pada hari Senin (11/3) untuk menyatakan “kekecewaan” terhadap komentar Paus Fransiskus yang menyatakan Ukraina harus “menunjukkan keberanian bendera putih” dan membuka pembicaraan dengan Rusia untuk mengakhiri perang yang telah berlangsung selama dua tahun.

Pernyataan Paus Fransiskus disampaikan dalam sebuah wawancara dengan lembaga penyiaran Swiss, RSI, yang akan disiarkan pada 20 Maret.

Duta Besar Kepausan untuk Ukraina, Uskup Agung Visvaldas Kulbokas, diberitahu bahwa Paus harus menahan diri dari pernyataan yang “melegalkan hak kekuasaan dan mendorong pengabaian lebih lanjut terhadap norma-norma hukum internasional,” kata sebuah pernyataan di situs web kementerian.

Pernyataan tersebut mengatakan bahwa Paus “diharapkan dapat mengirimkan sinyal kepada komunitas dunia tentang perlunya segera menggabungkan kekuatan untuk memastikan kemenangan kebaikan atas kejahatan.”

Ukraina, katanya, “mencari perdamaian tidak seperti negara lain. Namun perdamaian ini harus adil dan berdasarkan prinsip-prinsip Piagam PBB dan formula perdamaian yang diusulkan oleh presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy.”

Zelenskyy menolak komentar Paus pada hari Minggu (10/3). Meskipun dia tidak merujuk mereka secara langsung, dia mengatakan tokoh agama yang jauh tidak boleh terlibat dalam “mediasi virtual antara seseorang yang ingin hidup dan seseorang yang ingin menghancurkan Anda.”

Rencana perdamaian Zelensky menyerukan penarikan pasukan Rusia, kembali ke perbatasan Ukraina pada tahun 1991, dan proses hukum untuk meminta pertanggungjawaban Rusia atas tindakannya. Rusia mengatakan pihaknya tidak dapat mengadakan pembicaraan apa pun berdasarkan premis seperti itu. (Reuters)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home