Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 11:16 WIB | Selasa, 12 Maret 2024

Paus Fransiskus Sarankan Ukraina Bernegosiasi dengan Rusia

Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, tersenyum saat konferensi pers bersama dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan, usai pertemuan mereka di istana Dolmabahce di Istanbul, Turki, hari Jumat, 8 Maret 2024. (Foto: AP/Francisco Seco)

ROMA, SATUHARAPAN.COM-Paus Fransiskus mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Ukraina, yang menghadapi kemungkinan kekalahan, harus memiliki keberanian bernegosiasi untuk mengakhiri perang dengan Rusia dan tidak malu untuk duduk di meja yang sama untuk melakukan pembicaraan damai.

Paus menyampaikan permohonannya dalam wawancara yang direkam bulan lalu dengan stasiun penyiaran Swiss RSI, yang sebagian dirilis pada hari Sabtu (9/3).

“Saya pikir yang terkuat adalah orang yang melihat situasi, memikirkan rakyat dan memiliki keberanian mengibarkan bendera putih, dan bernegosiasi,” kata Paus Fransiskus, seraya menambahkan bahwa perundingan harus dilakukan dengan bantuan kekuatan internasional.

Ukraina tetap tegas untuk tidak terlibat langsung dengan Rusia dalam perundingan perdamaian, dan Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, telah berkali-kali mengatakan bahwa inisiatif dalam perundingan perdamaian harus menjadi milik negara yang telah diserang.

Rusia mendapatkan momentum di medan perang yang kini memasuki tahun ketiga dan Ukraina kehabisan amunisi. Sementara itu, beberapa sekutu Ukraina di Barat dengan hati-hati meningkatkan kemungkinan pengiriman pasukan.

Juru bicara Vatikan, Matteo Bruni, mengatakan pada hari Sabtu (9/3) bahwa Paus Fransiskus mengambil istilah “bendera putih” yang telah digunakan oleh pewawancara. Dia mengeluarkan pernyataan klarifikasi setelah komentar “bendera putih” Paus memicu kritik bahwa dia berpihak pada Rusia dalam konflik tersebut.

Sepanjang perang, Paus Fransiskus telah berusaha mempertahankan netralitas diplomatik tradisional Vatikan, namun hal ini sering kali disertai dengan simpati terhadap alasan Rusia menginvasi Ukraina, seperti ketika ia menyatakan bahwa NATO “menggonggong di depan pintu Rusia” dengan ekspansinya ke arah timur.

Paus Fransiskus mengatakan dalam wawancara dengan RSI bahwa “kata bernegosiasi adalah kata yang berani.”

“Ketika Anda melihat Anda dikalahkan, bahwa segala sesuatunya tidak berjalan baik, Anda harus berani bernegosiasi,” katanya. “Negosiasi tidak pernah berarti menyerah.”

Paus juga mengingatkan masyarakat bahwa beberapa negara telah menawarkan diri untuk bertindak sebagai mediator dalam konflik tersebut.

“Saat ini, misalnya dalam perang di Ukraina, banyak yang ingin menjadi penengah,” katanya. “Turki telah menawarkan diri untuk ini. Dan lain-lain. Jangan malu untuk bernegosiasi sebelum keadaan menjadi lebih buruk.”

Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan – yang negara anggota NATO-nya berupaya menyeimbangkan hubungan dekatnya dengan Ukraina dan Rusia – telah menawarkan selama kunjungan hari Jumat dari Zelenskyy untuk menjadi tuan rumah pertemuan puncak perdamaian antara kedua negara. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home