Loading...
DUNIA
Penulis: Eben E. Siadari 07:26 WIB | Selasa, 22 September 2015

VW Stop Jual Mobil Diesel dan Audi karena Manipulasi Data

Salah satu varian produk VW (Foto: carandriver.com)

FRANKFURT, SATUHARAPAN.COM – Raksasa otomotif Jerman Volkswagen, Senin (21/09), mengatakan perusahaan tersebut menghentikan penjualan mobil diesel empat silinder VW dan Audi di pasar Amerika Serikat di tengah skandal manipulasi data emisi.

“Saya dapat umumkan penjualan sudah dihentikan,” ujar juru bicara perusahaan.

Kedua jenis mobil tersebut menyumbang 23 persen penjualan mobil VW di Amerika Serikat pada Agustus. Antara Januari hingga Agustus, VW menjual hampir 240 ribu unit mobil di AS.

Skandal manipulasi data yang terungkap pada Jumat pekan lalu dapat berujung pada denda keuangan mencapai 18 miliar dolar Amerika (setara Rp260,7 miliar) serta mengancam citra perusahaan di Amerika Serikat dan berbagai negara lain di dunia.

Menurut laporan otoritas Amerika Serikat, VW melengkapi 482 ribu unit mobil di AS dengan software canggih yang dapat mematikan kontrol emisi ketika dikemudikan dengan mode normal dan menyala hanya ketika mobil menjalani uji emisi.

CEO VW Martin Winterkorn menyatakan permintaan maaf dan mengatakan perusahaan tersebut sudah memerintahkan penyelidikan atas kasus itu.(AFP)

 

Editor : Eben E. Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home