Loading...
EKONOMI
Penulis: Sabar Subekti 21:30 WIB | Rabu, 06 November 2013

Wagub DKI Jakarta: Belanja Alat Berat Harus Lewat e-Katalog

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Foto: ist)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM - Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama, meminta agar seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) melakukan pembelian alat-alat berat melalui katalog elektronik (e-katalog).

"Mulai sekarang, seluruh belanja alat berat oleh SKPD dan dinas-dinas di DKI harus dilakukan lewat e-katalog. Kalau tidak, nanti akan saya catat namanya, lalu saya pecat," kata Basuki dalam acara Peluncuran E-Katalog Sarana Bahan Pabrikasi dan Peralatan Berat di Gedung SME Tower, Jakarta Selatan, Rabu (6/11).

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, melalui sistem e-katalog, maka proses pengadaan barang atau jasa dapat dilakukan jauh lebih cepat dari sistem lelang.

"Melalui e-katalog yang dibuat oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP), kita tidak perlu lagi melakukan berbagai tahapan lelang. Proses pengadaan barang/jasa jadi lebih cepat dan proses penyerapan anggaran juga otomatis lebih cepat," kata Ahok.

Dia menuturkan sistem e-katalog tersebut akan dimanfaatkan untuk melakukan pembelian armada-armada angkutan umum, diantaranya bus sedang, bus Transjakarta dan bus tingkat.

"Selain itu, kita juga mau pakai e-katalog untuk membeli alat-alat berat untuk mempercepat proses pengerukan waduk, dan juga untuk membeli alat-alat terkait penanganan sampah, seperti dump truck dan sebagainya," kata Ahok.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta dan LKPP hari ini baru saja meluncurkan katalog elektronik atau e-katalog peralatan berat dan bahan pabrikasi, seperti aspal hotmix dan beton readymix.

Peluncuran katalog elektronik tersebut dilakukan bersamaan dengan penandatanganan kontrak payung antara LKPP dan 11 perusahaan penyedia peralatan berat dan bahan pabrikasi.

Sebanyak 11 perusahaan itu, antara lain PT Honda Power Products Indonesia, CV Karya Hidup Sentosa, CV Indotama Mulia, PT Rutan, PT Mitra Balai Industri, PT Bina Pertiwi, PT Indobara Bahana, PT Bahagia Jaya Sejahtera, PT Adi Setia Utama Jaya, PT Teknik Agro Lestari Jaya dan PT Hasjrat Abadi.

E-katalog adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari berbagai penyedia Barang/jasa Pemerintah.

Hingga saat ini, terdapat lebih dari 3.500 komoditas dan lebih dari 100 penyedia yang telah masuk dalam sistem E-katalog, yakni kendaraan bermotor, PP sheet, mesin dan alat pertanian, jasa internet, obat-obatan dan alat kesehatan. (Ant)


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home