Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Prasasta Widiadi 20:03 WIB | Rabu, 17 September 2014

Wagub DKI ke Korsel Belajar Giant Sea Wall

Basuki Tjahaja Purnama bersama mahasiswa dan mahasiswi Universitas Jember yang melaksanakan studi Tata Ruang di Jakarta. (Foto: Prasasta Widiadi).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama mengatakan bahwa Kamis (18/9) malam dia akan menyibukkan diri di Korea Selatan (Korsel) guna menghadiri beberapa agenda penting.

Hal ini dia ungkapkan ke sejumlah pewarta pada Rabu (17/9), di Kantor Gubernur DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat.

Agenda pertama yang dia tetapkan yakni berkaitan dengan reklamasi pantai di wilayah Utara Jakarta, Basuki mengemukakan bahwa dia akan melihat contoh tanggul raksasa (Giant Sea Wall) yang ada di Korea Selatan, agar setelah tanggul raksasa tercipta maka ada lahan yang dapat disiapkan menjadi lahan pertanian.

“Rencana Kamis malam berangkat sampai subuh pagi. Rapat sama komite (Komite Olimpiade Indonesia), terus langsung ke reklamasi,” kata Basuki.

Basuki mengemukakan tidak membawa banyak personel, hanya salah satu utusan dari PT Jakarta Propertindo (Jakpro) untuk menemani.

Basuki mengemukakan bahwa reklamasi pantai penting karena lahan pertanian semakin minim di Jakarta, padahal kebutuhan pangan tinggi terutama menjelang hari raya keagamaan.

“Saya pikir kita harus berpikir untuk membuat lahan pertanian. Makanya saya juga pengen lihat yang Korsel. Dia berani kasih sebagian lahan reklamasi untuk pertanian,” tambah laki-laki yang terbiasa disapa Ahok itu.

Basuki mengemukakan Pemprov DKI segera mewujudkan proyek reklamasi 17 pulau buatan di wilayah pantai utara Jakarta. Proyek itu didukung para pengembang swasta. Setelah direklamasi, lima persen lahan di pulau buatan itu menjadi milik Pemprov DKI yang nantinya dapat dimanfaatkan guna lahan pertanian.

Reklamasi 17 pulau di wilayah pantai utara Jakarta merupakan bagian dari program National Capital Integrated Coastal Development (NCICD) yang akan segera dimulai pada 2015.

Selain itu, agenda lain Basuki yakni berkaitan dengan olah raga yakni dia akan ke Korea Selatan dalam rangka penandatanganan kesiapan Kota Jakarta menjadi tuan rumah Asian Games 2018.

Agenda lainnya yakni pengamatan Basuki terhadap kawasan Gangnam di Korsel yang terkenal rapih untuk penataan pedagang kreatif lapangan (PKL).

Hasil blusukan itu akan dijadikan Basuki sebagai pembelajaran bagi Pemprov DKI dan Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Perdagangan DKI Jakarta dalam penataan PKL maupun pengembangan industri kreatif di Jakarta.

Editor : Bayu Probo


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home