Loading...
LAYANAN PUBLIK
Penulis: Dedy Istanto 14:22 WIB | Rabu, 14 Januari 2015

Wagub Jakarta Minta Pasar Tradisional Punya Ciri Khas

Seorang ibu saat berbelanja sayur di Pasar Kemirimuka yang berada di Beji, Depok, Jawa Barat pada Kamis (8/1) yang merupakan salah satu pasar tradisional yang sampai saat ini masih bertahan. Pasar tradisional harus memiliki ciri khas secara tematik sesuai dengan apa yang diminta oleh Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat yang meminta kepada PD Pasar Jaya untuk memetakan sejumlah pasar tradisional di Jakarta. (Foto: Dedy Istanto).

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat meminta Perusahaan Daerah (PD) Pasar Jaya petakan ciri khas pasar tradisional. Pemetaan sejumlah pasar tradisional tersebut sebagai bagian dari konsep tematik yang mampu bersaing dengan pasar-pasar modern.

Sebanyak 153 pasar tradisional yang tersebar di Ibu Kota saat ini belum terpetakan dengan baik. Konsep pasar tematik seperti Pasar Batu Akik, Pasar Ikan, serta pasar lainnya dapat memiliki ciri khas tersendiri sehingga dapat menarik perhatian para pengunjung, kata Djarot, Selasa (13/1).

Djarot juga meminta kepada PD Pasar Jaya tidak hanya memperhatikan Pasar Tanah Abang, sebab pasar tradisional lainnya masih banyak yang perlu diperhatikan. Rencananya Pemerintah yang akan melakukan sejumlah revitalisasi pasar pada tahun ini menjadi bagian dalam rangka memajukan pasar tradisional.

Kriteria pasar yang akan direvitalisasi terutama adalah pasar yang selama ini belum mendapat bantuan, dan usia pasar yang sudah mencapai selama 25 tahun berdiri kemudian pasar yang telah tertimpa musibah, baik itu kebakaran maupun banjir.

Pasar tradisional yang masih bertahan hingga saat ini mampu bersaing dengan menjamurnya keberadaan pasar-pasar modern. Pasar tradisional seolah memiliki daya tarik sendiri, meski secara kondisi baik itu pelayanan maupun fisik masih banyak kekurangan. Yang menarik dari pasar tradisional adalah aktifitas tawar menawar harga yang menjadi ciri khas tersendiri.

(beritajakarta.com)

Editor : Eben Ezer Siadari


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home