Loading...
INDONESIA
Penulis: Martahan Lumban Gaol 13:18 WIB | Senin, 06 Juli 2015

Wantimpres Beri Jokowi Solusi Tingkatkan Kinerja Ekonomi

Ilustrasi. Pegawai bank menunjukkan mata uang rupiah dan dolar AS di Plaza Bank Mandiri, Jakarta, Rabu (1/7). Bank Indonesia mengatur penggunaan rupiah di NKRI karena transaksi dengan menggunakan mata uang asing antar penduduk di Indonesia mencapai 7,2 miliar dolar AS atau Rp 93 triliun per bulan. (Foto: Dok. satuharapan.com)

JAKARTA, SATUHARAPAN.COM – Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) memberi masukkan kepada Presiden Joko Widodo untuk meningkatkan kinerja ekonomi. Tujuannya, agar target pertumbuhan ekonomi yang diharapkan Pemerintah bisa terealisasi.

Asumsi pertumbuhan ekonomi yang tercantum pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (APBN-P) 2015 sebesar 5,7 persen. Namun, setelah pada triwulan I perekonomian nasional hanya tercatat tumbuh 4,7, target tersebut direvisi menjadi 5,4 persen.

Target tersebut kembali dianggap tidak realistis, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro berpendapat proyeksi pertumbuhan ekonomi di angka 5,2 persen pada akhir tahun 2015 paling realistis dengan dinamika perekonomian global saat ini.

“Pemerintah perlu mendapat masukkan bagaimana bisa meningkatkan kinerja ekonomi, agar targetnya bisa tercapai,” kata Ketua Wantimpres Sri Adiningsih kepada sejumlah wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Senin (6/7).

Menurut dia, Wantimpres wajib menyampaikan pada Presiden terkait perkembangan ekonomi terakhir, sekaligus memberi masukan hal-hal yang bisa ditempuh guna memperbaiki kinerja ekonomi Indonesia ke depan. “Kita melihat banyak yg perlu disempurnakan,” kata Sri.

Sebab, dia menjelaskan, bila melihat kondisi perekonomian dunia, termasuk Yunani, Pemerintah Indonesia perlu memperbaiki kinerja ekonomi, “Pertumbuhan ekonomi kita sekarang 4,7 persen, kita harus bangkit lagi, agar stabilitas ekonomi kita bisa terjaga,” ucap Ketua Wantimpres itu.

“Meningkatkan ekonomi agar bs kompetitoif itu hal yg perlu dilakukan pemerintah dan kita mendiskusikan hal-hal tersebut,” dia menambahkan.

Editor : Bayu Probo

Ikuti berita kami di Facebook


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home