Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 09:55 WIB | Senin, 20 Juli 2015

Warga Bondowoso Mulai Rasakan Debu Gunung Raung

Gunung Raung mengeluarkan awan panas terlihat dari Desa Melaten, Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (12/7/15). Abu erupsi Gunung Raung yang terletak di tiga wilayah Besuki, yakni Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso dan Jember itu mulai dirasakan warga di Bondowoso. (Foto: Dok satuharapan.com/Antarnews/Zabur Karuru)

BONDOWOSO, SATUHARAPAN.COM - Masyarakat di sejumlah kecamatan di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, Minggu (19/7), mulai merasakan debu vulkanik akibat letusan Gunung Raung.

"Di Sumber Wringin mulai terasa ada debu tadi sekitar pukul 15.00, dan sampai malam ini masih terus turun," kata Sony Firdaus, warga Kecamatan Sumber Wringin, wilayah yang berada sekitar 15 kilometer dari kawah Gunung Raung itu.

Sempat keluar malam tanpa mengenakan helm dan merasakan matanya perih, dia kemudian kembali ke rumah dan keluar dengan mengenakan helm dan masker.

Dari sore hingga malam, katanya, warga di kecamatan yang menjadi posko untuk persiapan pengungsi itu mengenakan masker jika keluar rumah.

Selain membeli sendiri, masker yang digunakan warga juga hasil pembagian dari Satgas Penanggulangan Bencana (PB) Gunung Raung beberapa waktu lalu.

Sementara Komandan Satgas PB Gunung Raung Kabupaten Bondowoso Letkol (Arh) Sudrajat mengemukakan sejumlah wilayah mulai terkena abu gunung berketinggian 3.332 meter dari permukaan laut itu (sumber lain menyebutkan 3.344 m dpl), yakni Sumber Wringin, Tlogosari, Tamanan, Grujungan, bahkan sampai ke Kota Bondowosso dan sekitarnya.

"Kami tadi membagikan masker sekitar 2.000 buah kepada warga di sejumlah wilayah yang merasakan debu dari pagi dan sore hingga malam," kata perwira TNI AD yang sehari-hari menjabat Komandan Kodim Bondowoso itu.

Pihaknya mengimbau warga yang terkena abu Gunung Raung itu selau mengenakan helm atau kacamata jika mengendarai motor, selain masker, agar debu tidak terhirup saat bernapas atau masuk ke mata.

Raung, gunung berapi kerucut, secara administratif masuk dalam wilayah tiga kabupaten  di wilayah Besuki, Jawa Timur, yaitu Banyuwangi dan Jember selain Bondowoso.

Secara geografis, seperti bisadibaca di wikipedia.org, lokasi gunung ini berada dalam kawasan kompleks Pegunungan Ijen dan menjadi puncak tertinggi dari gugusan pegunungan tersebut.

Dihitung dari titik tertinggi, Gunung Raung merupakan gunung tertinggi kedua di Jawa Timur setelah Gunung Semeru, serta menjadi yang tertinggi keempat di Pulau Jawa. (Ant/wikipedia.org

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home