Loading...
DUNIA
Penulis: Yan Chrisna Dwi Atmaja 17:29 WIB | Senin, 09 Februari 2015

Warga Jepang Berkumpul Mengenang Goto dan Yukasa

Warga berbaur dengan wisatawan berkumpul di lapangan Hachiko Tokyo, Minggu (8/2). (Foto: japantimes.co)
TOKYO, SATUHARAPAN.COM - Warga Jepang di kota-kota besar Jepang berkumpul pada Minggu (8/2) sore hingga malam di sejumlah lokasi ikon nasional untuk memperingati kematian Kenji Goto dan Haruna Yukawa, dua sandera yang lalu dipenggal militan kelompok Negara Islam Irak Suriah (NIIS).
 
Di lapangan Hachiko di sekitar Stasiun Shibuya Tokyo, ribuan warga berkumpul membawa lilin dan poster bertuliskan Kenji Goto dan Haruna Yukasa. Sedikit demi sedikit mereka datang dan memenuhi lokasi dengan diam dan diselimuti hati sedih.
 
Mereka berkumpul setelah mendapat pesan melalui Twitter, Facebook dan media sosial lainnya, spontan mengajak untuk datang.
 
"Saya berharap dia akan kembali, ini menyedihkan," kata Julia Maeda, yang datang bersama suami dan anak-anaknya, memegang lilin di tangannya. "Saya pikir tanggung jawab ada pada kita semua untuk mewujudkan keinginannya agar hidup dalam damai," tambah Maeda, yang merupakan teman wartawan freelance Kenji Goto.
 
Shiori dan Nanami Katori, datang ke lapangan Hachiko, membawa poster bertuliskan: "Semoga beristirahat dalam damai. Mengenang Kenji Goto (dan) Haruna Yukawa."
 
"Saya terus berharap Goto akan kembali dalam keadaan hidup," kata Shiori Katori, yang kemudian terisak dan terdiam.
 
Nanami Katori mengatakan: "Kami rekan-rekan mereka, tapi tidak bisa berbuat apa-apa untuk mereka. Aku merasa tidak berguna."
 
Selain di Tokyo, aksi serupa dilaporkan juga digelar di Osaka, Nagoya, Kyoto, Sapporo, Sendai, Chiba dan Fukuoka. (japantimes.co)

BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home