Loading...
DUNIA
Penulis: Sabar Subekti 16:33 WIB | Senin, 09 Februari 2015

Chile: Pesawat Jatuh 54 Tahun Lalu Ditemukan di Andes

Pesawat mengangkut tim sepak bola profesional setelah pertandingan.
Para pendaki berfoto di antara puing-puing pesawat yang jatuh 54 tahun lalu, dan kecelakaan ini merupakan misteri yang baru mulai terungkap. (Foto dari USA Today)

CHILE, SATUHARAPAN.COM – Puing-puing pesawat yang hilang setengah abad lalu di pegunungan Andes Chile ditemukan oleh para pendaki. Pesawat itu membawa tim sepak bola Chile, seperti dilaporkan situs news.com.au.

Para pendaki gunung mengatakan mereka bisa melihat dengan baik bagian badan pesawat tanpa perlu menggali dan menemukan puing-puing  dan tulang-tulang yang berserakan.

Pesawat itu mengangkut 34 orang ketika jatuh, termasuk delapan anggota tim sepak bola profesional, pelatih tim, Arnaldo Vasquez, dan staf tim lain, serta teman-teman mereka yang kembali ke Santiago dari pertandingan di Osorno, Chile.

Gambar yang dirilis oleh para pendaki menunjukkan puing pesawat milik maskapai LAN Chile, jenis  Douglas DC-3 yang jatuh pada 3 April 1961. Gambar itu ditayangkan di televisi Chile pada hari Minggu (8/2).

Puing pesawat yang  jatuh 54 tahun lalu itu berada di Maule, sekitar 300 kilometer selatan dari kota Santiago. Namun, lokasi yang tepat tidak diungkapkan ke media.

"Pesawat itu berada pada ketinggian lebih dari 3.200 meter (10.000 kaki) di atas gunung. Basi ada sisa badan pesawat, dan banyak barang  yang berserakan di wilayah itu, termasuk tulang manusia.  Temuan ini bisa menjadi bahan menulis ulang kecelakaan itu,  kata salah seorang pendaki gunung, Leonardo Albornoz.

Hilangnya Douglas DC-3 pada April 1961 adalah salah satu misteri besar yang belum terpecahkan di negara-negara  Amerika Selatan dan pada saat itu mengejutkan dunia olahraga. Banyak pencarian dilakukan, namun tanpa hasil, dan bagi korban dilakukan pemakaman secara.


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home