Loading...
DUNIA
Penulis: Dewasasri M Wardani 09:15 WIB | Senin, 30 Desember 2019

Warga Tanda Tangani Petisi Batalkan Pesta Kembang Api Sydney

Pesta kembang api Sydney pada 2018 telah mendongkrak ekonomi setempat hingga jutaan dolar. (Foto: bbc.com)

AUSTRALIA, SATUHARAPAN.COM – Lebih dari seperempat juta orang menandatangani petisi yang menuntut pembatalan pesta kembang api untuk menyambut tahun baru yang rutin diselenggarakan di Sydney, New South Wales, Australia, dan menganjurkan relokasi dana untuk upaya pemadaman kebakaran lahan dan hutan yang mengancam kota tersebut.

Petisi tersebut menyebutkan, setidaknya A$5,8 juta atau lebih dari Rp56 miliar, dihabiskan untuk menyelenggarakan pesta kembang api di Sydney tahun lalu.

Pemandangan dari pesta kembang api juga disebut "dapat menimbulkan trauma bagi sebagian orang" yang telah menghirup cukup asap akibat kebakaran hutan yang tengah berlangsung.

Namun, Wali Kota Sydney Clover Moore mengatakan, pesta kembang api akan tetap dilaksanakan.

Moore mengungkapkan simpati yang terdalam bagi penanda tangan petisi, tetapi menyebut pesta kembang api telah direncanakan 15 bulan sebelumnya dan dana yang dialokasikan sudah telanjur digunakan.

"Kami tidak dapat membatalkan pesta kembang api, dan kalau pun kami bisa, pembatalan tersebut hanya akan menimbulkan dampak yang kecil," kata Moore di laman petisi.

Warga Australia yang menandatangani petisi melalui Change.org, mengatakan pesta kembang api akan tampak seperti "penghinaan".

"Warga Australia di penjuru negeri membutuhkan uang untuk membangun kembali gedung sekolah dan rumah," kata seorang warga. "Ini masalah prioritas dan ini merupakan saatnya kita menunjukkan bahwa kita peduli."

Linda McCormick, yang memulai petisi, mengatakan banyak komunitas di Australia telah "membatalkan pesta kembang api dan akan merayakan pergantian tahun dengan cara lain".

Dalam beberapa bulan belakangan ini, Australia tengah dilanda kebakaran semak dan hutan, akibat peningkatan suhu dan kekeringan parah.

New South Wales merupakan negara bagian yang terdampak paling parah dengan setidaknya 100 titik api.

Sebagian besar Balmoral, kota di barat daya Sydney, telah hancur pada 22 Desember dan jalan-jalan utama di selatan kota tersebut telah ditutup. (bbc.com)

 


Kampus Maranatha
Gaia Cosmo Hotel
LAI Got talent
BPK Penabur
Zuri Hotel
Back to Home