Loading...
RELIGI
Penulis: Reporter Satuharapan 11:19 WIB | Jumat, 12 Juli 2013

WCC: Gereja Harus Bersatu Wujudkan Keadilan dan Perdamaian

Sejken Dewan Gereja-gereja menghadiri pertemuan dengan gereja Anglikan dan Lutheran yang membahas tema bersama untuk cinta bagi dunia (foto: wcc)

OTTAWA, SATU HARAPAN.COM – Dewan Gereja-gereja Dunia (Worlds Council of Churches / WCC) menyatakan kekagumannya yang mendalam bagi gereja Anglikan Kanada dan gereja Lutheran Injili di Kanada untuk menjalin kerja sama pertama mereka di Ottawa Kanada.

Sekretaris Jenderal WCC, Dr. Olav Fykse Tveit, menyebutkan bahwa peristiwa tersebut  merupakan peristiwa bersejarah dan merupakan inspirasi bagi gereja-gereja dalam memperkuat nilai-nilai persatuan, pelayanan dan misi bersama dalam mengatasi denominasi gereja.

Pada kerja sama tersebut, dua gereja anaggota WCC Kanada membawa lebih dari 800 orang Kristen untuk beribadah, bersekutuan dan yang paling penting adalah mengambil keputusan bersama.

Acara tersebut diselenggarakan pada tanggal 3-7 Juli dengan tema "bersama untuk cinta bagi dunia." Tveit mengatakan bahwa tema tersebut berhubungan dengan aspirasi WCC, di mana sebuah doa untuk keadilan dan perdamaian merupakan ekspresi yang mendalam mengenai cinta.

Mengenai hal itu, Tveit juga menyoroti pentingnya perjalanan yang dilakukan oleh kedua gereja,  Anglikan dan Lutheran, yang mengadakan persekutuan dalam satu ikatan. Ia juga mengatakan perjalanan ini adalah ditandai dengan saling belajar dan menjadi saksi setia tentang Injil dalam meja ekaristi.

Dalam 1 Korintus 12:21 disebutkan, “Jadi mata tidak dapat berkata kepada tangan: Aku tidak membutuhkan engkau. Dan kepala tidak dapat berkata kepada kaki: “Aku tidak membutuhkan engkau.” Oleh karena itu, gereja-gereja tidak boleh berkata "aku tidak membutuhkan engkau" tetapi mengatakan bahwa bersama yang lain kita dapat lebih menghayati panggilan sebagai gereja di Kanada dan di dunia.

Pada pertemuan tersebut Tveit bersama dengan Ditektur Pelaksana  Program WCC bagi Gereja dan Hubungan Ekumenis bertemu dengan 30 anggota Dewan Masyarakat Adat Anglikan. Dan pertemuan tersebut dikoordinasikan oleh Uskup Mark MacDonald dari Gereja Anglikan Kanada.

Dalam hal ini Sekjen WCC bertemu dengan delegasi muda Kanada untuk Komite sidang WCC di Busan, Korea yang diselenggarakan 30 Oktober – 8 November 2013. Dalam pertemuan tersebut, para anggota dan staff pemuda  WCC melakukan persiapan, gagasan dan harapan untuk melakukan kerja sama yang akan membahas tema Allah Kehidupan bimbing kami kepada keadilan dan perdamaian.

Di Ottawa, Tveit juga menghadiri sebuah acara di Parlemen Hill yang dipandu oleh pemuda Anglikan dan Lutheran yang berkumpul di bawah Peace Tower untuk meingkatkan kesadaran tentang isu-isu air. Melalui musik, doa dan diskusi, mereka membahas isu-isu yang berkaitan dengan polusi air dan kekurangan air minum dan air bersih di masyarakat.

Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh beberapa pemimpin gereja bersama dengan Tveit, termasuk dengan Sekretaris Jenderal untuk Komuni Anglikan, Canon Kenneth Kearon dan Martin Junge, Sekretaris Jenderal Federasi Lutheran Sedunia.  

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home