Loading...
RELIGI
Penulis: Martha Lusiana 13:01 WIB | Rabu, 22 April 2015

WCC Mengecam Pembunuhan Warga Kristen Etiopia

Beberapa orang berkumpul pada Senin (20/4) di Addis Ababa, berkabung atas aksi pemenggalan kepala umat Kristen Koptik Ethiopia. (Foto: AP)

SATUHARAPAN.COM – Dewan Gereja Dunia (The World Council of Churches/WCC) menyatakan duka yang mendalam atas pembunuhan orang-orang Kristen Etiopia oleh Negara Islam (ISIS). WCC melalui Sekretaris Umum, Pendeta Dr. Olav Fykse Tveit menyampaikan rasa dukanya melalui surat solidaritas kepada Abune Mathias, Kepala Gereja Tewahedo Ortodoks Etiopia.

“Saya berbicara atas nama keluarga ekumenis. Kami sangat mengecam setiap keyakinan yang membenarkan pembunuhan dan penyiksaan terhadap orang-orang yang tidak bersalah,” kata Olav Fykse Tveit dalam surat yang diterbitkan pada 21 April 2015.

Dalam surat tersebut, Pendeta Dr. Olav Fykse Tveit, mengaku sangat terkejut atas peristiwa yang menyebabkan 30 warga Kristen Etiopia di Libya meninggal.

“Saat ini kita berada dalam situasi yang sulit sekaligus menantang,” ujarnya. Ia melanjutkan, “Injil mengenai solidaritas dan kebersamaan ekumenis dengan Gereja Tewahedo Ortodoks Etiopia sangat relevan.”

“Kami berdiri dalam solidaritas selama masa-masa menyakitkan dan perkabungan ini,” kata Tveit. Gereja-gereja saat ini berdoa untuk pemulihan dan kekuatan baru bagi keluarga korban.

Dalam surat tersebut Tveit juga mendoakan ratusan buruh migran yang tenggelam di laut Mediterania. “Kami juga berdoa untuk semua migran yang berjuang mengambil risiko besar dengan harapan kehidupan yang lebih baik dan bermartabat,” ujarnya. (oikoumene.org)

Editor : Yan Chrisna Dwi Atmaja


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home