Loading...
SAINS
Penulis: Sotyati 16:40 WIB | Rabu, 14 Mei 2014

WHO: Depresi Penyebab Utama Penyakit Remaja Dunia

Ilustrasi. (Foto: philly.com)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM - Depresi jadi penyebab utama global untuk penyakit dan kelainan pada remaja, dengan bunuh diri menjadi penyebab utama ketiga pada kematian, menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) pada Rabu (14/5).

Temuan itu tercantum dalam laporan baru WHO, yang menggabungkan sejumlah bukti yang sudah diterbitkan, melalui konsultasi langsung dengan sosok-sosok berusia sekitar 10-19 tahun di seluruh dunia, guna menilai masalah kesehatan yang memengaruhi mereka.

“Dunia belum benar-benar memperhatikan kesehatan para remaja,” kata Flavia Bustreo, kepala divisi kesehatan keluarga, wanita, dan anak-anak di WHO.

Laporan tersebut menyebutkan beberapa studi menunjukkan setengah dari orang yang mengalami kelainan mental pertama kali menunjukkan gejalanya pada usia 14 tahun.

“Jika remaja yang mengalami masalah mental mendapat perawatan yang mereka perlukan, ini bisa mencegah kematian dan penderitaan seumur hidup,” katanya.

Studi itu mengamati beberapa cakupan masalah, termasuk penggunaan tembakau, alkohol, dan narkoba, HIV, cedera, kesehatan mental, nutrisi, kesehatan seksual dan reproduktif serta kekerasan. (AFP/Ant)

Editor : Sotyati


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home