Loading...
SAINS
Penulis: Sabar Subekti 11:34 WIB | Jumat, 12 Mei 2023

WHO: Jumlah Kasus Turun, Cacar Monyet Tidak Lagi Darurat Kesehatan Global

Seseorang memegang botol mock-up berlabel "vaksin Monkeypox" dalam ilustrasi ini. (Foto: dok. Reuters)

JENEWA, SATUHARAPAN.COM-Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada hari Kamis (11/5) bahwa wabah global mpox, yang awalnya membingungkan para ahli ketika penyakit terkait cacar menyebar ke lebih dari 100 negara tahun lalu, tidak lagi menjadi darurat internasional, setelah penurunan kasus yang dramatis dalam beberapa bulan terakhir.

Juli lalu, Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus menyatakan mpox, juga dikenal sebagai cacar monyet, sebagai situasi “luar biasa” yang memenuhi syarat sebagai krisis global. Dengan melakukan itu, dia menolak komite ahli WHO, yang tidak merekomendasikan penunjukan darurat.

Tedros mengatakan cara baru mpox menginfeksi orang, melalui kontak seksual di banyak negara yang belum pernah mengidentifikasi kasus, menimbulkan banyak kekhawatiran yang memerlukan perhatian lebih. Itu adalah wabah mpox terbesar yang pernah ada.

Dia mengatakan pada jumpa pers pada hari Kamis bahwa komite ahlinya telah menyimpulkan bahwa penurunan dramatis dalam kasus-kasus dalam beberapa bulan terakhir, dengan sekitar 90 persen lebih sedikit kasus dalam tiga bulan terakhir, tidak lagi menjadi perhatian yang akut.

“Kami sekarang melihat kemajuan yang stabil dalam mengendalikan wabah berdasarkan pelajaran HIV dan bekerja sama dengan komunitas yang paling terkena dampaknya,” kata Tedros. “Dengan senang hati saya nyatakan bahwa mpox tidak lagi menjadi darurat kesehatan global.”

Pengumuman hari Kamis datang setelah WHO menurunkan peringkat COVID-19 pekan lalu, ketika dikatakan bagian terburuk dari pandemi telah berakhir dan bahwa virus corona harus dikelola seperti penyakit pernapasan lainnya.

Mpox telah ditemukan di beberapa bagian Afrika tengah dan barat selama beberapa dekade, di mana orang terutama terinfeksi oleh hewan seperti hewan pengerat liar. Tetapi penyakit itu tidak diketahui memicu wabah besar di luar benua atau menyebar dengan mudah di antara orang-orang hingga Mei lalu, ketika puluhan epidemi muncul di Eropa, Amerika Utara, dan tempat lain.

Mpox paling sering menyebabkan gejala termasuk ruam, demam, sakit kepala, nyeri otot dan pembengkakan kelenjar getah bening. Lesi kulit dapat bertahan hingga satu bulan dan penyakit ini menyebar melalui kontak fisik yang dekat dengan pasien yang terinfeksi atau pakaian atau seprai mereka. Kebanyakan orang tidak memerlukan perawatan medis untuk pulih.

Para ilmuwan akhirnya menyimpulkan bahwa wabah yang belum pernah terjadi sebelumnya terkait dengan seks di antara pria gay dan biseksual di Spanyol dan Belgia, menandai perubahan yang signifikan dari pola penyebaran khas mpox di Afrika, di mana wabah belum menyebar melintasi perbatasan.

Tak lama setelah Tedros mengklasifikasikan cacar monyet sebagai darurat global tahun lalu, epidemi di Eropa dan Amerika Utara menurun, dan tidak ada tanda-tanda penularan yang meluas di luar pria gay, biseksual, atau berhubungan seks dengan pria lain.

Otoritas kesehatan Eropa mengatakan bahwa 98 persen pasien mpox adalah laki-laki dan 96 persen di antara mereka adalah laki-laki yang berhubungan seks dengan laki-laki.

Vaksin Mpox di negara kaya dengan cepat diluncurkan dan laporan penyakit parah relatif jarang.

Sejak saat itu, kasus-kasus baru telah melambat hingga sedikit di Eropa dan Amerika Utara. Hingga saat ini, WHO mengatakan ada lebih dari 87.000 kasus dan 140 kematian di seluruh dunia. Dalam pekan terakhir, WHO mengatakan kasus melonjak 64 persen dibandingkan pekan sebelumnya, dengan sebagian besar kasus di Amerika dan Pasifik Barat.

Amerika Serikat telah melaporkan wabah terbesar, dengan lebih dari 30.000 kasus. Pekan ini, Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS mengatakan sedang menyelidiki lonjakan kasus baru-baru ini di seluruh negeri, termasuk Chicago.

Di Afrika tengah dan barat, kasus mpox terus meningkat, terutama didorong oleh lonjakan kasus di Kongo. WHO mengatakan ada sekitar tujuh persen lonjakan infeksi baru dalam dua pekan terakhir, dan Tedros mengatakan rute penularannya masih belum dipahami dengan baik. Kasus juga telah dilaporkan di Republik Afrika Tengah, Nigeria, Liberia, dan Ghana.

Sementara negara-negara kaya termasuk Inggris, AS, dan Jerman bergegas untuk memvaksinasi populasi mereka yang berisiko setelah wabah mpox muncul, Afrika tidak menerima pengiriman vaksin dalam jumlah besar yang pertama hingga Desember lalu. (AP)

Editor : Sabar Subekti


BPK Penabur
Gaia Cosmo Hotel
Kampus Maranatha
Back to Home